Beranda Komunitas Pramuka Sebagai Dasar Pembentukan Karakter Bangsa

Pramuka Sebagai Dasar Pembentukan Karakter Bangsa

Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Tangerang menyelenggarakan Apel Besar di Stadion Benteng Reborn, Minggu, (14/8/2022).

TANGERANG – Memperingati Hari Pramuka ke-61, yang jatuh tepat pada hari minggu, 14 Agustus 2022. Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Tangerang menyelenggarakan Apel Besar di Stadion Benteng Reborn, Minggu, (14/8/2022).

Dalam apel tersebut, Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah bertindak sebagai pembina apel. Turut hadir pula, Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin, Sekretaris Daerah, Ketua DPRD Kota Tangerang, Forkopimda, dan tak ketinggalan 200 anggota Pramuka se Kota Tangerang.

Ketua Kwarcab, Dadi Budaeri, mengatakan, bahwa gerakan Pramuka memiliki peran penting dalam kemajuan Kota Tangerang. Sebab dengan mengikuti gerakan Pramuka peserta didik dapat menjadi pribadi yang unggul.

“Dalam filosofi dasar Pramuka bahwa salah satu pendidikan kepanduan atau pendidikan karakter dapat dimulai dengan gerakan Pramuka. Bagaimana generasi muda harus menjadi pribadi yang mau bekerja keras, bekerjasama, dan mandiri demi kepentingan bangsa itu semua ada di Pramuka,” kata Dadi dalam keterangannya.

Hal ini didukung pula dengan regulasi yang menuliskan bahwa Pramuka sebagai salah satu ekstrakurikuler yang wajib diikuti para peserta didik.

“Dengan diatur secara regulasinya, mudah – mudahan seluruh peserta didik dapat mengikuti kegiatan positif ini. Tidak hanya berlatih baris – berbaris tetapi Pramuka juga mengajarkan anggotanya untuk selalu memiliki jiwa solidaritas,” lanjutnya.

Menurut Dadi, kini Pramuk telah menjadi organisasi yang mengikuti perkembangan zaman terbukti dengan hadrinya aplikasi sandi morse yang sebelumnya sandi morse hanya ditulis dan digerakan menggunakan semaphore.

“Semoga Pramuka Kota Tangerang dapat lebih maju, dan anggotanya selalu menerapkan konsep ulang janji yang di dalamnya terdapat tri satya serta dasa darma,” pungkas Dadi.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini