Beranda Pendidikan PPDB SMA/SMK/SKh di Banten Dibuka 19 Juni 2024, Ini Cara Daftarnya!

PPDB SMA/SMK/SKh di Banten Dibuka 19 Juni 2024, Ini Cara Daftarnya!

Panitia PPDB menerima calon siswa. (Iyus/BantenNews.co.id)

SERANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten akan membuka proses Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK/SKh negeri se-Provinsi Banten pada 19 Juni 2024 mendatang.

Format PPDB tahun ajaran 2024/2025 tetap mengacu pada format lama yakni, melakui jalur zonasi, afirmasi, perpindahan orangtua dan prestasi akademik dan non akademik.

Berdasarkan informasi dari https://ppdb.bantenprov.go.id/, PPDB SMA Provinsi Banten terdiri dari beberapa jalur yaitu Zonasi, Afirmasi, Perpindahan Tugas Orang Tua, Prestasi Akademik dan Prestasi Non Akademik. Jalur PPDB SMK Provinsi Banten terdiri dari Reguler/Umum.

Pada halaman tersebut, terdapat pilihan sekolah yakni SMA dan SMK. Dimana, untuk calon siswa SMA pilihannya: Zonasi, Afirmasi, Perpindahan Tugas Orang Tua, Prestasi Akademik atau Prestasi Non Akademik. Untuk Siswa SMK pilihannya: Reguler/Umum.

Dalam website itu juga memuat menu ‘alur’, yakni halaman yang berisi penjelasan dari alur pelaksanaan PPDB sesuai jalur yang dipilih.

Untuk tata cara pendaftaran, calon peserta didik baru terlebih dahulu mengklik menu ‘aturan’. Halaman ini berisi ringkasan dari aturan dan prosedur versi resmi dari Dinas Pendidikan Provinsi Banten.

Aturan dan prosedur dalam halaman ini dibuat dengan tujuan agar lebih mudah dipahami oleh masyarakat. Selain itu, halaman ini berisi jadwal pelaksanaan PPDB di Provinsi Banten Tahun Ajaran 2024/2025.

Untuk mengetahi daya tampung sekolah, calon peserta didik baru harus mengklik menu Pagu yang berisi informasi daftar sekolah yang melaksanakan PPDB online di Provinsi Banten beserta daya tampungnya (Pagu) sesuai jalur yang dipilih.

Dalam website tersebut juga memuat menu lokasi sekolah dan info lokasi pendaftaran PPDB sesuai jalur yang dipilih.

Untuk mendaftar sebagai peserta, terlebih dahulu menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dapat dilihat pada halaman Aturan. Sedangkan untuk melihat hasil, calon siswa dapat mengklik menu seleksi yang berisi pengunuman hasil seleksi PPDB online yang ditampilkan secara real time sesuai jadwal pengumumannya.

Lebih jauh, calon peserta didik baru juga dapat menghubungi langsung panitia pelaksana PPDB di masing-masing sekolah yang diminati untuk mendapat informasi lebih lanjut terkait dengan pelaksanaan PPDB tahun ini, atau menghubungi Dinas Pendidikan Provinsi Banten di nomor telepon: (0254) 267066. Untuk PPDB online SMA/Sederajat lihat daftarnya di halaman Pendaftaran PPDB online SMA/Sederajat. (Mir/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News