Beranda Pemerintahan Potensi Hujan Lebat, BPBD Kabupaten Serang Imbau Seluruh Pihak Waspada Banjir

Potensi Hujan Lebat, BPBD Kabupaten Serang Imbau Seluruh Pihak Waspada Banjir

Banjir di Kecamatan Lebak Wangi, Kabupaten Serang - foto istimewa

KAB. SERANG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini pada Kamis (4/11/2021) terkait terjadinya hujan lebat yang akan mengguyur di wilayah Kabupaten Serang.

Beberapa wilayah itu diantaranya adalah Kecamatan Ciruas, Kragilan, Pontang, Tirtayasa, Tanara, Kibin, Carenang, Binuang, dan Lebakwangi.

Berdasarkan peringatan tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang mengimbau kepada seluruh Camat, Kepala Desa, warga, dan relawan tanggap bencana di Kabupaten Serang untuk waspada dengan adanya dampak yang bisa terjadi seperti banjir maupun banjir bandang.

“Waspada banjir atau banjir bandang. Persiapkan segala sesuatu untuk menghadapi situasi terburuk. Lakukan langkah-langkah antisipasi untuk mencegah atau mengurangi risiko terjadi banjir maupun banjir bandang. Ikut memantau situasi kondisi di wilayahnya masing-masing,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Serang, Nana Sukmana pada Jumat (4/11/2021).

Ia juga menyarankan jika terjadi bencana banjir ataupun banjir bandang agar warga dapat evakuasi mandiri terlebug dahulu lalu menghubungi BPBD Kabupaten Serang di nomor 0254-200135 atau melalui WhatsApp 081212123481.

Hujan lebat juga diperkirakan terjadi di beberapa kecamatan lainnya yaitu kecamatan Kramatwatu, Waringinkurung, Bojonegara, Pulo Ampel, Cikande, Cikeusal, Pabuaran, Padarincang, Anyar, Cinangka, Mancak, Gunung Sari, dan Bandung.

Berdasarkan hasil kajian BMKG, tingginya curah hujan diperkirakan terjadi pada November, Desember hingga Januari. Hal ini berdasarkan kejadian La Nina tahun 2020 maka La Nina tahun ini diprediksikan relatif sama dan akan berdampak pada peningkatan curah hujan bulanan yang berkisar antara 20 persen sampai 70 persen di atas normalnya. Dengan adanya potensi peningkatan curah hujan pada periode musim hujan tersebut maka perlu kewaspadaan dari seluruh pihak.

(Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini