Beranda Pemerintahan Potensi dan Kreatifitas Ponpes Diharapkan Mampu Mencetak Santri Mandiri

Potensi dan Kreatifitas Ponpes Diharapkan Mampu Mencetak Santri Mandiri

Assisten Daerah III Kabupaten Lebak, Dedi Lukman menghadiri Pembukaan Perayaan Hari Santri Nasional (HSN) Tingkat Kabupaten Lebak

LEBAK – Assisten Daerah III Kabupaten Lebak, Dedi Lukman menghadiri Pembukaan Perayaan Hari Santri Nasional (HSN) Tingkat Kabupaten Lebak bertempat di Tribun Alun-Alun Kota Rangkasbitung, Minggu (20/10/2019).

Kegiatan ini diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak melalui Dinas Pariwisata bersama Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Kabupaten Lebak.

Dedi Lukman menyampaikan kegiatan ini sebagai salah satu wadah untuk menampilkan potensi yang dimiliki pondok pesantren di Kabupaten Lebak dimana menurut Dedi di Lebak sendiri terdapat kurang lebih 1500 pondok pesantren.

“Hampir setiap pondok pesantren rata-rata memiliki kreatifitas dan potensi baik dibidang seni, ekonomi dan olahraga dan melalui hari santri ini kita jadikan wadah untuk mereka bisa tampil sehingga lebih dikenal oleh masyarakat,” kata Dedi

Lebih lanjut Dedi mengatakan melalui potensi dan kreatifitas pondok-pondok pesantren yang terdapat di Kabupaten Lebak, dijarapkan mampu mencetak santri-santri yang mandiri.

“Kegiatan ini kita branding dengan semenarik mungkin sehingga mampu menarik minat pengunjung dan wisatawan yang mana selaras dengan visi Pemerintah Daerah menjadikan Lebak sebagai destinasi wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal” katanya

Terakhir Dedi menyatakan kegiatan perayaan hari santri ini akan menjadi agenda tahunan di Kabupaten Lebak.

Sementara itu Ketua FSPP Kabupaten Lebak Ade Bujhaeremi mengatakan kegiatan perayaan hari santri tahun ini bukan sekedar seremonial seperti tahun-tahun sebelumnya.

Kegiatan tahun ini menurutnya dirangkai dengan berbagai macam kegiatan seperti Lomba Baca Kitab Kuning, Lomba Marhaba, Festival Shalawat, Pesantren On The Rood, Penyerahan Santuan bagi 1001 Anak Yatim, Istighasah Akbar bersama Kiyai Murtado, Festival Liwet serta menghadirkan Juara 1 MTQ Internasional Qori Internasional Kiyai Salman Amrillah dan kegiatan puncaknya yakni pada Hari Santri Nasional pada tanggal 22 Oktober 2019 dengan melangsungkan Upacara Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Lebak bertempat di Alun-Alun Kota Rangkasbitung.

“Perayaan ini merupakan bentuk syukur para santri dan kami ingin menunjukan santri itu bukan hanya berpeci tetapi berprestasi, kiyai bukan hanya menggunakan sorban tetapi siap berkorban dan kami persembahkan kegiatan ini oleh santri dari santri untuk negeri” kata Ade.

Untuk diketahui rangkaian kegiatan Hari Santri Nasional (HSN) Tingkat Kabupaten Lebak dimulai pada tanggal 18 Oktober sampai tanggal 22 Oktober 2019.

(Ali/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini