Beranda Kesehatan Posko Kesehatan di Cilegon Melayani 475 Pemudik

Posko Kesehatan di Cilegon Melayani 475 Pemudik

Posko Kesehatan Dinkes Kota Cilegon

CILEGON – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon terus memantau pelayanan kesehatan di Posko Mudik Lebaran 1445 Hijriyah yang dibuka sejak 4 April 2024 lalu.

Setidaknya tercatat ada 475 pemudik yang memanfaatkan pelayanan kesehatan yang berada di sejumlah posko kesehatan di Kota Cilegon, Selasa 9 April 2024.

“Sampai siang ini (Selasa, 9/4-red) sudah tercatat ada 475 pemudik yang datang ke Posko Kesehatan. Keluhan mereka rata-rata adalah pusing dan sakit lambung,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pemenuhan Upaya Kesehatan Perorangan dan Upaya Kesehatan Masyarakat pada Dinkes Kota Cilegon Febri Naldo sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Selasa (9/4/2024).

Berdasarkan rata-rata kelihatan tersebut, tambah Febri, diduga dipicu akibat kelelahan seperti saat mengantri ditengah terik matahari di pelabuhan dan atau telah melakukan perjalanan jauh, terutama bagi pemudik yang menggunakan kendaraan sepeda motor.

“Angka pemudik tahun ini (2024-red) memang melonjak sangat tinggi. Para pemudik yang mengeluh sakit sudah tertangani dengan baik. Tenaga kesehatan kita akan selalu standby 24 jam mulai 4 hingga 16 April mendatang. Jika ada pemudik yang mengeluh sakit, jangan sungkan untuk datang ke posko kesehatan terdekat,” tambahnya.

Menurut Febri, para pemudik yang membutuhkan pelayanan kesehatan bisa langsung datang ke posko yang tersebar di sejumlah titik jalur mudik di Kota Cilegon, yakni 6 posko yang disediakan Dinkes Kota Cilegon dan 3 posko tambahan yang disediakan Dinkes Provinsi Banten, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan Palang Merah Indonesia (PMI) di Pelabuhan Merak.

“Hari ini juga (Kemarin-red) kami menerima kunjungan dari Kemenkes (Kementerian Kesehatan) yang memantau kondisi pelayanan kesehatan di sejumlah titik posko mudik lebaran,” tuturnya.

Dalam hal ini, Febri mengimbau masyarakat yang akan melakukan kegiatan mudik atau balik Lebaran 2024 untuk menjaga kondisi badan agar tetap sehat dan menjaga pola makan. “Kami mengimbau, terutama saat arus balik nanti agar masyarakat menjaga kondisi badan agar tetap fit dan bugar, istirahat yang cukup, perbanyak minum air putih serta terapkan pola makan yang sehat,” imbaunya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini