Beranda Olahraga Portina Pandeglang Rekrut Calon Pengurus

Portina Pandeglang Rekrut Calon Pengurus

909
0
Ketua Dewan Kehormatan PORTINA Pandeglang Tanto Warsono Arban (tengah) saat menghadiri kegiatan Silaturahmi dan Konsolidasi untuk mencari pengurus masa bakti 2020 - 2024. (Memed/bantennews.co.id)

PANDEGLANG – Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina) Kabupaten Pandeglang membuka rekrutmen calon pengurus baru untuk masa bakti tahun 2020 – 2024 mendatang.

Ketua Portina Pandeglang, Dadan Suryana mengatakan sebagai penerima mandat pembentukan Portina Kabupaten Pandeglang, yang pertama ia lakukan adalah merekrut calon pengurus yang mempunyai kompetensi, konsistensi dan loyalitas untuk mengurus dan membesarkan organisasi.

“Silaturahmi dan konsolidasi ini bertujuan untuk mencari calon pengurus yang berintegritas, dalam kegiatan ini dilaksanakan juga penandatangan pakta integritas calon pengurus,” jelas Dadan, Sabtu (3/10/2020).



Dadan membeberkan, target Portina Pandeglang adalah untuk melestarikan olahraga tradisional yang ada di Pandeglang, menggali potensi olahraga tradisional yang belum terekspos untuk diorbitkan secara luas, bahkan untuk diusulkan ke tingkat nasional agar tercatat sebagai olahraga tradisional yang berasal dari Pandeglang.

“Selain itu tujuannya juga untuk mengimbangi maraknya game online oleh anak-anak muda, kita tidak anti game online bahkan mendukung karena memang sudah zamannya, tetapi olahraga tradisional agar jangan dilupakan,” bebernya.

Di tempat yang sama, Ketua Dewan Kehormatan Portina Pandeglang, Tanto Warsono Arban mengaku sangat mendukung olahraga tradisional sebagai warisan para leluhur yang harus terus dilestarikan agar tidak tergerus oleh perkembangan zaman.

“Ke depan jika pandemi Covid-19 sudah reda, harus ditekankan melalui kebijakan pemerintah daerah agar even-even olahraga tradisional bisa terus diselenggarakan di acara-acara besar serta dibuatkan kejuaraan,” ungkapnya.

Adapun jenis olahraga tradisional yang dinaungi oleh Portina di antaranya Gobag/Hadangan, Dagongan, Tarik Tambang, Egrang, Terompah/Bakiak Panjang, Sumpitan, Lari Balok, Patok lele/Bebentengan, Gebug Bantal, Balap Karung, Panahan Tradisional, Ketapel/Bandil dan Silat Tradisional. (Med/Red)