Beranda Olahraga Porprov VI Banten Digelar Tahun Depan

Porprov VI Banten Digelar Tahun Depan

Rapat kordinasi peraiapan Porprov VI Banten. (IST)

 

SERANG – Sesuai dengan rencana sebelumnya, Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten bakal digelar tahun 2022 di Kota Tangerang. Hanya saja, belum ditentukan jadwal pastinya.

Kepastian itu muncul pada rapat koordinasi antara Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banten dengan Dispora Kota Tangerang, di Sekretariat KONI Banten, Kota Serang, Selasa (7/12). Hadir pula pada kesempatan itu unsur KONI Banten dan KONI Kota Tangerang.

Sebelumnya sempat ada kekhawatiran terkait pelaksanaan Porprov VI Banten tahun 2022 akan terkendala kondisi Covid 19 serta perubahan sistem penganggaran di Pemprov Banten.

Kepala Dispora Banten Achmad Syaukani memastikan bahwa Pemprov Banten tetap bersikeras bahwa Porprov VI Banten tetap harus digelar tahun depan. Karena itu, pihaknya berupaya agar pembiayaan Porprov VI tidak terkendala.

“Hanya saja, setelah kami mendapat arahan pimpinan, pendanaan untuk Porprov VI Banten akan muncul di Anggaran Perubahan. Bukan di anggaran murni,” papar Syaukani.

Jika tidak ada aral melintang, anggaran perubahan baru akan cair pada bulan Oktober 2022. Ini berarti bahwa pelaksanaan Porprov VI Banten harus menyesuaikan dengan jadwal pencairan tersebut.

Menanggapi kabar ini, Kepala Dispora Kota Tangerang Muhammad Noor mengaku agak lega mengingat kepastian ini sempat tertunda beberapa saat. Noor juga mengaku lega karena pihaknya telanjur sudah menganggarkan ratusan miliar untuk persiapan Porprov VI Banten yang tersebar di beberapa dinas, utamanya untuk infrastruktur dan venues pertandingan.

“Sementara yang kami ajukan ke Pemprov Banten melalui KONI Banten sebesar Rp 26 miliar. Kami berharap angka itu bisa disetujui kelak, ” katanya lagi.

Soal berapa besaran hibah khusus untuk Porprov VI Banten, Dispora Banten dan Dispora Kota Tangerang sepakat bakal ada verifikasi atas usulan tersebut. Kedua pihak juga sepakat akan mengawal proses ini.

Sementara, Ketua KONI Banten Rumah Kartoredjo mengaku gembira dengan keputusan tetap dihelatnya Porprov VI Banten pada tahun 2022. Dengan demikian, proses pembinaan atlet Banten tidak terganggu. Para atlet tetap bisa mengaplikasikan hasil latihan tahun depan sebelum tampil membela Banten di babak kualifikasi PON 2023 serta PON 2024 di Sumut dan Aceh.

“Saya juga apresiasi kinerja Kadispora Banten yang baru. Beliau bergerak cepat meski baru sebulan menjabat. Urusan bonus beres, Porprov juga akhirnya tetap tahun depan. Terima kasih untuk Kadispora Banten, ” tutur Rumiah yang akan lengser dari kursi Ketua KONI Banten akhir tahun ini. (Red)