Beranda Kesehatan Polsek Cilegon Tetapkan 4 Kelurahan Jadi Kampung Siaga Covid-19

Polsek Cilegon Tetapkan 4 Kelurahan Jadi Kampung Siaga Covid-19

1637
0
Polsek Cilegon, unsur kelurahan dan relawan deklarasikan Kampung Siaga Covid-19. (Gilang)

CILEGON – Polsek Cilegon telah menetapkan Kelurahan Ciwedus dan Ketileng di Kecamatan Cilegon serta Kelurahan Sukmajaya dan Kelurahan Gedong Dalem di Kecamatan Jombang, Kota Cilegon sebagai Kampung Siaga Covid-19.

Menurut Kapolsek Cilegon Kompol Jajang Mulyaman, tujuan pembentukan Kampung Siaga Covid-19 ini untuk memberikan edukasi dan inisiasi kepada masyarakat agar lebih fokus melakukan aksi kebaikan, sebagai sarana pencegahan virus Covid-19 di lingkungannya.

”Nantinya Kampung Siaga bisa dibentuk dan diperluas ke wilayah lain tidak hanya di kelurahan, namun juga Pasar Siaga Covid-19 yang tujuannya bagaimana pencegahan penularan virus Corona ini menjadi optimal,” ujarnya, Senin (13/4/2020) malam.



Dikatakan Kapolsek, Ketua RT bersama relawan dan kelurahan memiliki andil kuat dalam mewujudkan Kampung Siaga virus tersebut. Seperti Kelurahan mendata pendatang yang masuk ke lingkungan dan memeriksa kesehatannya.

“Program ini diwacanakan berperan dalam banyak hal, mulai dari sosialisasi terkait Covid-19, sterilisasi fasilitas sosial dan umum, mengaktifkan sistem keamanan warga, sistem informasi kesehatan warga. Selain warga tetap, setiap tamu harus lapor 1×24 jam dan diperiksa kesehatannya ketika datang bertamu ke RT tersebut,” terangnya.

Lebih jauh Kapolsek juga menyarankan agar setiap lingkungan membentuk satuan keamanan untuk menjaga kemungkinan terburuk akibat Covid-19 melalui koordinasi dengan pihak keamanan setempat, Babinkamtibmas dan Babinsa.

“Intinya kita ingin ada benteng kesehatan warga, dan salah satu peran Kampung Siaga Covid-19 ialah mensterilkan fasilitas umum dan sosial di tingkat RW dan RT dengan berbagai cara. Bila perlu warga di setiap RT untuk sementara tidak menerima tamu dulu, serta belajar, bekerja dan beribadah di rumah. Tidak keluar rumah kecuali adanya keperluan dengan tetap menjaga physical distancing,” tandasnya.

Sementara itu Lurah Gedong Dalem, Alim Rahmadi mengatakan, sebelum ada penetapan Kampung Siaga tersebut warganya sudah melakukan langkah-langkah kewaspadaan seperti menyediakan fasilitas cuci tangan ketika masuk lingkungan hingga pembatasan akses masuk.

“Tentu kami sangat mendukung dengan penetapan Kampung Siaga dari Polsek Cilegon ini untuk lebih mengoptimalkan kewaspadaan warga terhadap penularan virus Corona,” katanya. (dev/red)