Beranda Hukum Polresta Tangerang Amankan Pelaku Pemerasan Terhadap Sopir Taksi Online

Polresta Tangerang Amankan Pelaku Pemerasan Terhadap Sopir Taksi Online

Ilustrasi - foto istimewa tribunnews.com

KAB TANGERANG – Di tengah ekonomi sulit akibat dampak pandemi Covid-19, seseorang nekat memeras sopir taxi online dengan modus untuk bayar parkir Rp 100 ribu. Peristiwa itu terjadi di proyek Perumahan Lavon 2 Cikupa, Kabupaten Tangerang, Minggu (17/5/2020).

Selang dua hari, Polresta Tangerang berhasil mengamankan BU alias Ice,  pria yang diduga melakukan tidak pidana pemerasan beserta tiga orang lainnya yang diduga terlibat.

“Ya, kami berhasil mengamankan 4 orang terkait peristiwa pemerasan terhadap sopir taksi online itu, namun dari hasil pemeriksaan kami menetapkan BU alias Ice yang menjadi tersangka atas tindak pidana pemerasan yang wajahnya terekam dalam video yang viral,” ujar Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi melalui keterangan rilis, Rabu (20/5/2020)

Ade juga menjelaskan peristiwa bermula saat korban akan masuk ke lokasi proyek Perumahan Lavon 2 untuk mengantar penumpang. Saat hendak keluar dari lokasi, korban tiba-tiba dihadang oleh tersangka.

“Pas korban mau keluar dari lokasi, kemudian tersangka meminta uang parkir dengan harga yang tidak normal, yakni Rp 100 ribu,” katanya.

Semula, korban menolak memenuhi permintaan tersangka. Namun tersangka emosional, sehingga akhirnya korban terpaksa memberikan uang kepada tersangka.

Peristiwa ini direkam oleh korban dan kemudian videonya menjadi viral di media sosial. Tersangka dijerat Pasal 368 ayat (1) KUHP dengan hukuman paling lama 9 tahun penjara. Dari tangan tersangka, polisi mengamankan barang bukti berupa kwitansi parkir dan stempel

Sementara itu, Ade menegaskan pihaknya akan menindak tegas aksi premanisme. Masyarakat diminta tidak takut melapor bila menemukan aksi premanisme.

“Kami pastikan, masyarakat aman karena siapa pun dia, bila melakukan aksi premanisme dan juga pemerasan atau pungli, akan kami tindak tegas,” tutupnya. (Ren/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini