Beranda Hukum Polres Serang Imbau Antisipasi Kejahatan Rumah Kosong Saat Mudik

Polres Serang Imbau Antisipasi Kejahatan Rumah Kosong Saat Mudik

Kapolres Serang AKBP Condro Sasongko.

SERANG – Kapolres Serang AKBP Condro Sasongko mengimbau agar waspada saat meninggalkan rumah saat mudik lebaran. Sebab kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya tapi karena ada kesempatan.

Peningkatan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) dan ronda malam perlu makin gencar untuk menutup ruang gerak pencurian rumah kosong.

“Peningkatan siskamling sangat penting saat ini. Karena banyak rumah kosong ditinggal pemilik mudik lebaran ke kampung halaman,” kata Kapolres, Kamis (4/4/2024).

Mantan Kasubdit Tipidter Ditreskrimsus Polda Banten ini mengatakan, para pelaku kejahatan biasanya mengintai rumah-rumah yang ditinggal penghuninya.

Saat rumah kosong pelaku kejahatan akan leluasa dalam beraksi. Maka dari itu perlu peningkatan siskamling dan ronda.

“Kepada masyarakat yang mudik, saya mengimbau agar rumah dipastikan dalam keadaan aman saat ditinggal pulang kampung. Kordinasi dengan pengurus RT sebelum berangkat mudik,” kata Condro Sasongko.

Kapolres mengatakan, kepolisian juga meningkatkan patroli untuk mencegah aksi kejahatan dan memberikan rasa aman dan nyaman pada warga, serta menciptakan kondusifitas yang lebih baik.

“Kami sudah menyiapkan tim khusus yang akan berpatroli. Namun demikian, keamanan ini tidak akan berjalan maksimal tanpa peran dari masyarakat,” tandasnya.

Untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, Kapolres menambahkan Polres Serang dan Polsek jajaran siap membantu dalam hal penitipan barang berharga milik masyarakat yang akan mudik lebaran.

“Silakan dari mulai tingkat polsek, kita sudah siapkan tempat penitipan barang berharga agar masyarakat bisa nyaman menikmati liburan di kampung halaman,” tandasnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini