Beranda Politik Polres Serang Dibantu 300 TNI Bakal Amankan TPS

Polres Serang Dibantu 300 TNI Bakal Amankan TPS

114
0
Apel pasukan TNI yang akan diperbantukan untuk pengamanan Pemilu 2019. (Wahyu/bantennews)

SERANG – Kepolisian Resor (Polres) Serang menerima sebanyak 300 personel TNI dan 30 personel Brimobda Banten untuk membantu pengamankan Pemilu Presiden dan Legislatif yang akan digelar Rabu (17/4/2019) mendatang.

300 personel TNI ini berasal Kodim 0602 Serang sebanyak 145 personel, 80 personel dari Yonif 320 Badak Putih, Yonif Mandala Yudha 50 personel serta 25 personel dari Korem 064 Maulana Yusuf Banten.

Apel penyerahan personel TNI dan Brimob yang akan di-BKO-kan pada pemilu serentak ini berlangsung di halaman Mapolres Serang, Senin (15/4/2019). Hadir dalam acara penyerahan, Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan, Dandim 0602 Serang Letkol Inf Erwin Agung, Komandan Batalion 320 Badak Putih Letkol Inf Imam Wicaksana, Wakapolres Serang Kompol Agung Cahyono serta Kasi Intel Kejari Serang, Muhammad Usman.

Dandim 0602 Serang Letkol Inf Erwin Agung mengatakan kepada seluruh pasukan wajib untuk melaksanakan tugas dengan rasa penuh tanggung jawab dan rasa gembira karena dengan itu seberat apapun tugas akan terasa lebih ringan.

“Nanti akan ada pembagian tugas dari Kapolres Serang sebagai Kasatwil terhadap pasukan yang tergabung dari Kodim 0602 Serang, Korem 064MY Serang, Yonif 320 Badak Putih dan Batalion Mandala Yudha,” katanya saat apel penerimaan BKO TNI dan Brimob di Mapolres Serang.

Menurut Erwin Agung, seluruh pasukan BKO dapat bersinergi dengan yang menerima BKO dan potensi keamanan lainnya yang bertugas dalam pengamatan pemungutan dan perhitungan suara. Sehingga pelaksanaannya bisa berjalan lancar, aman dan damai.

“Yang sudah menjadi ketentuan dalam pelaksanaan tugas harus selalu dipegang teguh dan dipedomani,” ujarnya.

Dandim menambahkan meskipun dalam rapat di Kodam di wilkum Kabupaten Serang dikategorikan aman, namun seluruh pasukan harus tetap siap siaga apabila sewaktu-waktu terdapat perubahan situasi di lapangan.

“Tidak ada yang melakukan pergerakan maupun mengambil keputusan sendiri, semuanya harus melaporkan secara berjenjang,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan mengatakan pasukan BKO baik dari TNI dan Brimob ke depannya akan ada di bawah kendali dirinya selaku Kasatwil/Kapolres Serang. Kapolres menekankan setiap pelaksanaan tugas agar dilandasi komitmen moral yang tinggi dan menjunjung netralitas serta menjadikan tugas dan amanah bangsa sebagai ibadah kepada Allah SWT.

“Dalam melaksanakan kegiatan di lapangan harus tetep sesuai SOP dan Perkap dengan rasa tanggung jawab yang tinggi. Siapkan mental dan fisik agar dapat terus melaksanakan tugas untuk terciptanya situasi pelaksanaan Pemilu 2019 aman dan kondusif,” kata Kapolres.

Dalam kesempatan itu, Kapolres juga mengajak seluruh elemen masyarakat ikut serta menyukseskan pesta demokrasi yang aman, lancar dan sejuk. Gunakan hak pilih dan jangan golput karena ini merupakan masa depan Indonesia. Kapolres mengatakan Polri yang dibantu TNI dalam tugasnya akan menjamin keamanan para pemilih untuk hadir di TPS pada Rabu, 17 April 2019.

“Jangan sampai pesta demokrasi meski berbeda pilihan malah membuat kekacauan. Hal-hal inilah yang perlu dihindari. Mari kita ciptakan suasana sejuk agar terwujudnya pemilu yang aman dan damai,” pungkas AKBP Indra Gunawan. (You/Red)