Beranda Peristiwa Polres Serang dan BPBD Cek Kesiapan Sarana Prasarana Penanggulangan Bencana

Polres Serang dan BPBD Cek Kesiapan Sarana Prasarana Penanggulangan Bencana

Kapolres Serang AKBP Mariyono saat mengecek sarana prasarana. (Ist)

SERANG – Dalam upaya memastikan kesiapsiagaan dalam penanganan bencana alam, Kepolisian Resor (Polres) Serang dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Serang melakukan pengecekan sarana dan prasarana serta kesiapan peralatan kebencanaan. Apel pengecekan sarana dan prasarana digelar di halaman Mapolres Serang.

“Apel ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan sarana dan prasarana apabila sewaktu-waktu ada bencana alam terjadi di Kabupaten Serang. Tentunya ini hanya persiapan dan kami semua tidak mengharapkan bencana alam ini ada,” kata Kapolres Serang AKBP Mariyono dalam sambutannya, Senin (25/1/2021).

Kapolres mengatakan bencana alam yang sering terjadi di Kabupaten Serang rata-rata banjir, tanah longsor serta angin puting beliung dan secara umum seluruh kelengkapan alat kebencanaan cukup memadai.





“Dari pemetaan wilayah rawan bencana alam di daerah hukum Polres Serang yang memiliki dataran rendah dan tinggi serta memiliki tiga aliran sungai besar yaitu Sungai Cidurian, Cibereum dan Ciujung, dimungkinkan akan terjadi bencana alam berupa banjir maupun tanah longsor dan puting beliung pada musim penghujan ini,” katanya.

Pada kesempatan itu, Kapolres juga memberi penekanan kepada seluruh personel agar melaksanakan tugas dengan dilandasi keikhlasan sebagai ibadah.

“Tampilkan sosok sebagai penolong dan pelayan masyarakat sehingga masyarakat benar-benar merasakan pertolongan serta merasa terlindungi dan terayomi,” tandasnya.

Selain itu, Kapolres juga mengingatkan kepada seluruh personel untuk berkoordinasi dengan Instansi terkait serta seluruh elemen masyarakat, dalam rangka membantu masyarakat yang terkena bencana.

Optimalkan sarana dan prasarana yang ada di kesatuan masing masing, laksanakan kegiatan patroli di daerah rawan bencana, dan melakukan  penegakan hukum secara tegas terhadap pelaku tindak pidana yang memanfaatkan situasi bencana. Serta menjalin hubungan yang harmonis dengan seluruh personel yang terlibat penanganan bencana dan warga masyarakat.

“Yang juga penting, jaga kesehatan serta senantiasa berdoa kepada Allah SWT, agar diberikan kekuatan, kemampuan, dan ketabahan dalam menjalankan tugas yang mulia ini. Dan juga yang lebih utama lakukan protokol kesehatan dalam bertugas,” tandasnya.

Apel kesiapsiagaan menghadapai kontijensi bencana juga dihadiri Wakapolres, Pejabat Utama (PJU) Polres Serang, Kapolsek Kragilan, Kapolsek Ciruas, personel Satshabara Polres Serang, personel Polsek Ciruas dan Kragilan serta personel BPBD Kabupaten Serang. Usai apel dilakukan pengecekan kendaraan dinas R4 Polres dan Polsek Jajaran Polres Serang, Kendaraan R4 BPBD Kabupaten Serang, dapur umum, perahu karet dan gergaji mesin. (you/red)