Beranda Hukum Polres Pandeglang Buka Pelayanan Pembuatan Smart SIM

Polres Pandeglang Buka Pelayanan Pembuatan Smart SIM

Polres Pandeglang melalui Satuan Lalulintas (Satlantas) sudah mulai membuka pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) pintar atau smart SIM - ( foto Memed/BantenNews.co.id)

PANDEGLANG – Polres Pandeglang melalui Satuan Lalulintas (Satlantas) sudah mulai membuka pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) pintar atau smart SIM pada masyarakat yang akan membuat SIM.

Kasat Lantas Polres Pandeglang, AKP Tesyar Rofhaldi Prayitno menyampaikan, sebenarnya launching smart SIM sudah dilakukan sejak sebulan lalu, namun untuk pelayanan pembuatan SIM pintar di Pandeglang baru bisa dibuka hari ini.

Ia menjelaskan, perbedaan antara SIM lama dengan smart SIM yakni bentuk smart SIM lebih simpel, bagus serta mempunyai fungsi untuk menyimpan uang elektronik dengan saldo maksimal Rp2 juta dan menyimpan data transaksi elektronik dari pemilik SIM tadi.

Sedangkan untuk pembuatan SIM baru atau smart SIM sama sekali tidak ada perbedaan dengan cara pembuatan SIM lama, mulai dari proses pendaftaran hingga persyaratan yang diperlukan.

“Kami baru mulai, sebenarnya di launching sudah sebulan yang lalu tapi kami disini masih terkendala teknis. Masyarakat kalau SIM nya masih berlaku tidak harus berganti, nanti aja setelah masa berlakunya habis,” jelas Tesyar, Senin (28/10/2019).

Sementara itu, Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban yang melakukan pembuatan smart SIM mengaku puas dengan pelayanan yang diberikan oleh petugas.

“Kami mengapresiasi SIM baru karena bukan hanya sebagai surat kelengkapan berkendara tapi juga bisa digunakan untuk kebutuhan lain, jadi multifungsi. Tadi juga pelayanannya cepat sekali, mudah-mudahan dengan adanya smart SIM ini lebih memudahkan masyarakat untuk beraktifitas di jalan, mudah-mudahan ini bisa menjadi percontohan pelayanan yang baik di Pandeglang,” kata Tanto usai melakukan pembuatan SIM.

(Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ