Beranda Peristiwa Polres Kabupaten Serang Kerahkan 630 Personil untuk Amankan Pemilu

Polres Kabupaten Serang Kerahkan 630 Personil untuk Amankan Pemilu

Petugas mengangkut Logistik Pemilu 2019 - (Foto Ali/BantenNews.co.id)

SERANG– Polres Kabupaten Serang telah menyiapkan sebanyak 630 personil sebagai langkah pengamanan dalam menghadapi pemilu mendatang. Para personil tersebut sudah disebar ke beberapa TPS di Kabupaten Serang tanggal 10 Februari lalu.

Ditemui di Polres Serang, Kapolres Serang AKBP Condro Sasongko menuturkan selain personil dari Polres Serang, sebanyak 190 personil dari BKO Polda Banten, dan 83 personil SAR Brimob juga ikut dikerahkan. Personil SAR nantinya disiagakan ke 4 kecamatan.

“Kita siagakan di 4 tempat yaitu Jawilan, Ciruas, Cikande, dan Kragilan,” katanya, Senin (12/2/2024).

Selain pengerahan personil, pihaknya telah menyiapkan layanan kesehatan di 24 kecamatan dan 12 Polsek di Kabupaten Serang.

Nantinya para petugas TPS akan dicek kesehatannya sebelum melaksanakan tugas untuk menghindari para petugas yang tumbang akibat kelelahan.

“Sebelum melaksanakan tugasnya para petugas kita cek kesehatannya, apabila ada yang sakit sakit kita layani agar hal-hal (kelelahan) yang sepertu itu tidak terjadi lagi,” ujarnya.

Sedangkan untuk mengantisipasi beberapa lokasi TPS yang rawan banjir akibat curah hujan tinggi, dirinya mengatakan telah menyiapkan peralatan agar para pemilih dapat menuju TPS seandainya terjadi genangan.

Polres juga sudah melaksanakan simulasi apabila terjadi kendala seperti keributan di lokasi TPS.

“Kita sudah lakukan simulasi terkait antisipasi apabila di TPS itu timbul kendala atau hambatan. Apabila ada kendala di lapangan haris diselesaikan pada saat itu juga,” pungkasnya.

Ditemui di tempat yang sama, Ketua KPU Kabupaten Serang, Muhammad Nasehudin mengatakan pihaknya sudah siap dalam gelaran Pemilu.

Pembuatan TPS juga sudah dipastikan H-1 telah dibuat semua karena pergeseran logistik dilaksankan sehari sebelum hari pemilu. KPPS kata Nasehudin juga sudah diberikan bimbingan teknis.

 

“Sudah 100% karena kalau logistik sudah ke kecamatan berarti kita sudah di posisi siap tinggal KPPS H-1 kita akan pastikan membuat TPS sebagaimana mestinya,” ujar Nasehudin.

Diketahui jumlah TPS yang tersebar di Kabupaten Serang yaitu sebanyak 4.425 TPS yang tersebar di 29 kecamatan dan 326 desa.

(Dra/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ