Beranda Uncategorized Polisi Jago Beladiri Kawal Paslon Pilkada Pandeglang

Polisi Jago Beladiri Kawal Paslon Pilkada Pandeglang

Kapolres Pandeglang AKBP Sofwan Hermanto (tengah) saat menyerahkan Walpri untuk pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang tahun 2020. (Memed/bantennews.co.id)

 

PANDEGLANG – Usai mendapatkan nomor urut dan dinyatakan sah menjadi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang tahun 2020, masing-masing pasangan calon (paslon) diberi pengawal pribadi (Walpri) dari aparat kepolisian.

Kapolres Pandeglang, AKBP Sofwan Hermanto menyampaikan, masing-masing calon baik calon bupati maupun wakil bupati dikawal 2 anggota kepolisian untuk menjaga keselamatan mereka selama proses Pilkada.

Kapolres memastikan, anggota yang ditugaskan sebagai Walpri sudah melalui seleksi yang sangat ketat mulai dari postur tubuh hingga riwayat kesehatan mereka. Sebab kata Kapolres, dimasa pandemi Covid-19 ini kesehatan dari walpri harus benar-benar terjamin.

“Pengawal Pribadi (Walpri) ada, kemarin kami lakukan seleksi pertama seleksi postur tubuh minimal kondisinya ideal, harus sehat apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini khawatir ada penyakit-penyakit maka kami cek riwayat kesehatannya karena setiap 3 bulan sekali kami lakukan cek kesehatan,” jelas Kapolres, Jumat (25/9/2020).

Selain postur tubuh dan kesehatan, hal penting lain yang harus dimiliki Walpri ialah mereka harus ahli beladiri. Dia juga menjamin para Walpri ini jago beladiri karena seleksinya dilakukan sendiri oleh Polres Pandeglang.

“Minimal terampil beladiri, pada penyerahan ada keterlambatan karena ada yang kami ubah sebab kami lakukan seleksi sendiri. Sementara ini kami utamakan beladiri makanya kami kemarin kami cek keterampilan beladiri,” ungkapnya.

Kapolres juga berpesan pada Walpri yang ditugaskan untuk tetap menjaga netralitas karena tujuan mereka menjaga keselamatan para calon bukan ikut mensukseskan kemenangan para calon.

“Idealnya 2 orang tapi secara bergantian terus bertukar-tukar karena tujuannya Walpri ini sebagai tameng kehidupan mengamankan Paslon bukan turut mensukseskan itulah tujuannya tetap menjaga netralitas Polri,” pesannya. (Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini