Beranda Kesehatan Polisi dan Dinkes Cek Urine Sopir Bus di Terminal Pakupatan Serang

Polisi dan Dinkes Cek Urine Sopir Bus di Terminal Pakupatan Serang

Petugas Dinas Kesehatan Provinsi Banten dan Polres Serang Kota melakukan tes urine secaara mendadak kepada sopir di Terminal Pakupatan, Kota Serang. (Wahyu/bantennews.co.id)

SERANG – Satuan Reserse Narkoba dan Satuan Lalu Lintas Polres Serang Kota bersama Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan Kota Serang melakukan tes urine mendadak terhadap sopir bus di Terminal Pakupatan, Kota Serang, Banten, Sabtu (22/12/2018). Kegiatan tersebut dilakukan berkaitan menghadapi mudik Natal dan Tahun Baru 2019.

Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Serang Kota, AKP Wahyu Diana mengatakan pemeriksaan dilakukan terhadap sopir bus semua jurusan yang beroperasi di Terminal Pakupatan. Para pengemudi dicek administrasi pribadinya seperti SIM, STNK dan Buku KIR, kemudian sopir dimintai mendatangi toilet yang disediakan petugas untuk diambil air seninya, kemudian diperiksa kandungannya menggunakan test card multi drugs.

“Sementara sudah ada 20 orang yang sudah dilakukan tes urine dan ditargetkan semua yang masuk keterminal ini, Untuk sementara negatif semua,” kata Kasat Narkoba kepada wartawan di sela-sela bertugas.

Di tempat yang sama, Kasat Lantas Polres Serang Kota Ali Rahman mengatakan pemeriksaan kondisi tubuh pengemudi dan keadaan kendaraan ini merupakan upaya prepentif untuk mencegah kecelakaan lalu lintas.

Ia menyampaikan ada tiga faktor terjadi kecelakaan lalu lintas. Pertama faktor kondisi sopir, faktor kondisi kendaraan dan faktor lingkungan. “Ini kita cek faktor manusia dan kendaraan, bagi tugas kesehatan dan narkoba. Mengecek sopir apakah terpengatuh alkohol atau obat-obatan atau kondisi kurang sehat,” katanya. (You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ