Beranda Uncategorized Polisi Identifikasi Forensik Temuan Tengkorak di Petir

Polisi Identifikasi Forensik Temuan Tengkorak di Petir

Lokasi penemuan mayat di Kampung Ciburuy, Desa Kubang Jaya, Kecamatan Petir, Kabupaten Serang dihebohkan dengan penemuan mayat di sebuah perkebunan, Senin (1/11/2021).

SERANG – Sosok jenazah yang sudah menjadi tengkorak ditemukan di Kecamatan Petir, Kabupaten Serang oleh UM yang saat itu sedang membersihkan kebun milik warga lain.

Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga membenarkan adanya kejadian tersebut pada Senin (1/11/2021) kemarin saat dikonfirmasi di ruang Aula Bidhumas Polda Banten.

“Ya, benar telah ditemukan jenazah yang sudah berbentuk seperti tengkorak oleh saudara UM yang saat itu sedang membersihkan kebun orang lain di Kecamatan Petir, Kabupaten Serang. Awalnya sumber bau diduga bukan berasal dari jenazah tetapi ketika dihampiri oleh saudara UM bahwa benar yang ditemukan adalah sesosok jenazah yang sudah berbentuk seperti tengkorak,” jelas AKBP Shinto Silitonga, Selasa (2/11/2021).

Shinto Silitonga menyampaikan bahwa penyidik Satreskirm Polres Serang telah menginformasikan kepada publik terkait ciri-ciri pakaian yang digunakan oleh jenazah.

Baca juga : Warga Petir Serang Temukan Kerangka Manusia di Perkebunan

“Dari ciri-ciri ini bisa dipastikan bahwa ada satu keluarga yang melihat ke identikan pakaian baju dan celana dari jenazah yang ditemukan, terutama celana yang digunakan mempunyai ciri-ciri menggunakan tali yang secara spesifik dikenali oleh keluarga ini,” ungkap Shinto Silitonga.

Keluarga ini akhirnya datang ke Polres Serang kemudian mengkonfirmasi terkait kehilangan anggota keluarga mereka yang sebelumnya sudah dilaporkan ke Polres Pandeglang pada Senin (1/11/2021) kemarin, bersamaan dengan waktu ditemukannya jenazah itu.

“Yang bersangkutan menyatakan anggota keluarganya ternyata memang tidak kembali ke rumah sejak 11 Oktober, bearti sudah ada 20 hari hilangnya jenazah ini dari wilayah Kecamatan Cadasari, Kabupaten pandeglang,” jelas Shinto.

Shinto Silitonga menambahkan perlu adanya upaya scientific yang bisa memastikan apakah benar jenazah yang ditemukan di kebun tersebut adalah orang yang identik dicari oleh anggota keluarga yang melapor ke Polres Serang.

“Penyidik Satreskrim Polres Serang mengupayakan uji forensik, mulai dari forensik tubuh, forensik kepala tengkorak, dan forensik gigi dengan melihat kontruksi gigi yang dibadingkan dengan foto yang dibawa oleh anggota keluarga, kemudian juga secara scientific akan diuji DNA untuk memastikan benar atau tidak jenazah yang ditemukan di kebun identik dengan anggota keluarga yang hilang dan tidak kembali lagi oleh anggota keluarga yang datang ke Polres Serang,” tandas Shinto Silitonga.

Pihak kepolisian akan menginformasikan apabila identitas jenazah sudah diketahui.

“Fokus yang pertama adalah mengetahui identitas jenazah, penyidik akan terus bekerja untuk mengetahui siapa korban ini, kemudian membangun komunikasi apa yang dia lakukan sehingga muncul motif-motif sebab yang bersangkutan meninggal dunia,” kata Shinto Silitonga. (Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini