Beranda Pemilu 2024 Polda Banten Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Untuk Kawal Pemilu 2024

Polda Banten Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Untuk Kawal Pemilu 2024

Polda Banten Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2024 di Mapolda Banten - foto istimewa

SERANG –  Situasi politik menjelang Pemilu 2024 kian menghangat. Pengamanan untuk kelancaran Pemilu sangat penting menjaga kondisi bangsa tetap kondusif menjelang hajat demokrasi lima tahunan ini.

Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto mengatakan telah membentuk pola sistem keamanan zonasi. Dalam model pengamanan itu juga melibatkan dari personil Korbrimob Polri serta Dalmas Nusantara.

“Polri telah membentuk pola sistem pengamanan kewilayahan atau zonasi bagi Korbrimob Polri dan Dalmas Nusantara, Polri juga menyiapkan 2000 personel Brimob Power On Hand Kapolri serta 8.500 personel Dalmas Nusantara yang siap di mobilisasi,” jelasnya.

Selain itu, sebagai dukungan Operasi Mantap Brata, Polri juga menggelar Operasi Cooling System.

“Polri juga menggelar Operasi Nusantara Cooling System 2023-2024 untuk membangun narasi besar persatuan dan kesatuan serta kemajuan bangsa diatas kepentingan kelompok guna mengantisipasi polarisasi berita hoaks, SARA, propaganda dan lain-lain,” tambah Rudy.

Rudy menyebutkan Pemilu 2024 menjadi sebuah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi Indonesia. Oleh karenanya, dibutuhkan dukungan dari berbagai komponen untuk mensukseskan pemilihan serentak tersebut.

“Guna mengamankan Pemilu 2024 maka Polri didukung TNI, kementerian, instansi terkait dan mitra Kamtibmas lainnya menggelar Operasi Mantap Brata 2023-2024,” tutur Rudy.

Dalam kegiatan ini, kata Rudy, turut diiringi dengan penguatan strategi komunikasi publik untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Harapannya dengan sosialisasi tersebut, masyarakat juga bisa menjaga stabilitas Kamtibmas pada Pemilu 2024 mendatang.

“Operasi Mantap Brata 2023-2024 tentunya diiringi dengan penguatan strategi komunikasi publik untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat, agar masyarakat senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, ikut berparisipasi dalam menjaga stabilitas kamtibmas pada Pemilu 2023-2024,” katanya.

Untuk diketahui, menyiapkan personel gabungan sebanyak 261.695 personel Polri dan dilaksanakan selama 222 hari yakni sejak 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024. (Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini