Beranda Gaya Hidup Pola Pikir Negatif Ini Harus Kamu Buang Supaya Tiap Hari Bahagia

Pola Pikir Negatif Ini Harus Kamu Buang Supaya Tiap Hari Bahagia

Ilustrasi - foto istimewa popbela.com

Kita tak bisa menebak apa yang akan terjadi dalam hidup kita. Seringkali tiba-tiba masalah datang tanpa diduga dan membuat kita sedih sepanjang hari. Padahal, kalau kita bisa melihat sesuatu dari sisi positifnya, maka pikiran kita juga akan ikut positif, lho.

Untuk itu, beberapa pola pikir negatif ini perlu dibuang jauh-jauh, nih.

1. Berpikir bahwa Sudah Terlambat untuk Melakukan Sesuatu

Mungkin kamu punya sesuatu yang ingin dicapai. Selain itu, kamu juga punya bayangan kapan ‘waktu’ yang ideal untuk melakukan hal tersebut. Jadi saat sudah terlewati, kamu berpikir bahwa semuanya sudah terlambat untuk dilakukan. Padahal, tidak juga lho, girls.

Garis waktumu itu tergantung tekad dirimu sendiri. Gak masalah jika di umur 25 baru mulai berkarya atau memulai bisnis. Tidak ada istilah terlambat. Bahkan ini juga berlaku dalam hal meminta maaf kepada orang lain, gak ada kata terlambat kok untuk berdamai dengan orang lain.

2. Berpikir Kamu bisa Mengubah Orang Lain

Kita tidak selalu bisa mengubah orang lain menjadi sesuai ekspetasi kita. Setiap orang punya ruang berkembangnya sendiri. Mungkin kamu berharap temanmu berubah. Tapi tidak perlu menyalahkan diri sendiri saat mereka punya pilihannya sendiri. Jangan sampai ekspetasi atas perubahan orang lain mengganggu kebahagianmu, girls!

3. Berpikir bahwa Kebahagiaan Datang Jika Hanya Memiliki Pasangan

Kebahagiaanmu tidak bergantung apakah kamu memiliki pasangan atau tidak. Bahkan, gak jarang ada pula orang-orang yang gak bisa menikmati hari-harinya karena ada masalah di dalam hubungan. Karena pada dasarnya, seseorang memilih untuk memiliki pasangan atau lajang karena sebuah alasan. Pada beberapa keadaan, bahkan lebih baik untuk berbahagia sendiri sementara waktu daripada berada di dalam hubungan yang terus menyakitkan, kan?

4. Selalu Berpikir bahwa Hidup Ini Gak Adil

Menjalankan berbagai rintangan di dalam hidup memang gak mudah. Mungkin nilai kamu belum bagus meski sudah belajar semalaman, belum diterima berbagai perusahaan meski sudah melamar kerja di mana-mana, atau mungkin masalah finansial yang datang bertubi-tubi. Tapi, jangan lupa bahwa masalah ada untuk menandakan bahwa kamu sedang berjuang. Berjuang menandakan kamu sedang berproses. Proses membawamu kepada tujuan. Atasi rintangan dan petik setiap pelajaran dari kejadian di dalam hidup.

5. Berpikir bahwa Hanya Ada Satu Cara yang Benar

Pepatah mengatakan bahwa ada banyak jalan menuju Roma. Pepatah itu memang mencerminkan proses kita dalam menggapai sesuatu. Mungkin kamu berencana melakukan sesuatu, maka jadilah lebih fleksibel dengan merencanakan banyak cara. Jika kamu bertumpu hanya pada satu cara atau satu ketentuan, bukan tidak mungkin akan membatasi diri sendiri. Misalnya, tidak mulai berbisnis dengan alasan belum punya cukup dana untuk menyewa kios. Padahal, kamu bisa memasarkannya secara online, kan?

6. Takut untuk Memulai Sesuatu

Takut juga merupakan bagian dari pola pikir kita. Terlalu banyak menyusun kemungkinan-kemungkinan negatif akan membuat kita semakin ragu. Jika ada kemungkinan positif, mengapa malah memikirkan kemungkinan negatif? Jadilah realistis tanpa harus pesimis. Selain itu, tidak perlu menggantungkan diri kepada orang lain, alias ikut-ikut keputusan orang lain. Jika merasa bisa menyelesaikan sesuatu sendiri, maka jadilah lebih berani untuk memulainya. (Red)

Sumber : rimma.co

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini