Beranda Sosial dan Budaya Pokja Relawan Pandeglang Kembali Selenggarakan Ekspedisi 2018

Pokja Relawan Pandeglang Kembali Selenggarakan Ekspedisi 2018

Ketua Pelaksana ERP 2018

PANDEGLANG – Pokja Relawan Pandeglang kembali mengadakan Ekspedisi Relawan Pandeglang (ERP 2018) untuk memperingati Hari Relawan Internasional yang jatuh tanggal 5 Desember 2018. Kegiatan ini akan dihelat pada 7-9 Desember 2018 di Kampung Janaka, Desa Jayamekar, Kecamatan Jiput.

Namun ERP tahun ini tidak lagi ke ujung Pulau Jawa seperti tahun lalu. Tapi Ketua Pelaksana ERP, Dede meyakini esensi dan semangat para relawan untuk terus dan memberikan manfaat pada masyarakat akan selalu sama.

“ERP Tahun ini kami tidak memilih lokasi yang terlalu jauh dengan medan yang menantang seperti pada tahun sebelumnya yang dilaksanakan di Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon,” ucap Dede, Selasa (4/12/2018).





Menurut Dede, untuk penentuan lokasi salah satu pertimbangan lainnya adalah karena masih banyaknya masyarakat Pandeglang yang lokasinya tidak begitu jauh dengan pusat kota namun tingkat kesejahteraannya masih sangat rendah.

Nantinya kegiatan akan dilakukan Baksos seperti santunan lansia dhuafa, Jambore 100 anak, pemeriksaan mata dan screening katarak gratis, pemeriksaan kesehatan gratis, aksi bersih-bersih lingkungan, kemping ceria dan malam keakraban relawan.

“Data yang didapat dari pihak Panitia dari aparatur desa, jumlah lansia mencapai 150 orang. Namun data tersebut akan dipilah lagi dan diprioritaskan penerima santunan adalah untuk lansia dhuafa, mengingat masih terbatasnya dana yang terbatas,” ujarnya.

Relawan juga menggandeng beberapa komunitas seperti Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI), Rumah Sakit Achmad Wardi (RSAW) Banten, Trash Bag Community serta menggandeng beberapa media lokal sebagai media patner salah satunya Bantennews.co.id. (Med/Red)