Beranda Kesehatan PMI Minta Pemkot Serang Sediakan Unit Donor Darah

PMI Minta Pemkot Serang Sediakan Unit Donor Darah

81
0
Foto istimewa

SERANG – Guna memberikan pelayanan yang lebih maksimal, PMI Kota Serang meminta Pemkot Serang segera membangun kantor Unit Donor Darah (UDD).

“Jadi kami sudah ngomong panjang lebar dengan Dinnkes. Kita ingin dibuatkan oleh Pemkot Serang gedung UDD sendiri,” kata Ketua PMI Kota Serang Ade Rossi Kaherunnisa, Senin (10/6/2019).

Ade menjelaskan, pihaknya sudah melakukan permohonan setahun yang lalu. Namun pihaknya juga memahami Pemkot Serang belum juga merealisasikan kebutuhan PMI Kota Serang.

“Tapi kemarin kita sudah ngobrol yang lebih detail lagi soal pembangunan UDD ini. Ini tidak mudah yah, karena Pemkot Serang juga memiliki anggaran yang minim, insya Allah bisa terpenuhi lah. Jadi kami sangat memahami kondisi keuangan Pemkot Serang,” ujarnya.

Dikatakan, PMI Kota Serang tetap bisa bekerja dengan baik meskipun tidak memiliki gedung UDD. Namun ia menilai keberadaan kantor UDD dapat lebih menunjang kinerja PMI Kota Serang dalam melaksanakan tupoksinya sebagai penyelenggara donor darah dan menyediakan stok darah untuk masyarakat Kota Serang.

“Dan kami berharap gedungnya berdekatan dengan RSUD Kota Serang atau kedua di sekretariat eks PMI Kabupaten yang ketiga adalah hibah. Nanti hibah tersebut kami terima uangnya, yang nyari tempatnya, bangun gedungnya. Jadi dari alternatif tersebut silakan Pemkot pilih yang mana,” ujarnya.

Pihaknya menilai pembangunan gedung UDD merupakan momentum yang pas untuk menyambut pemimpin yang baru. Sebab keberadaan kantor UDD akan lebih memudahkan PMI dalam memberikan pelayanan yang lebih optimal. Sehingga PMI Kota Serang bisa mandiri dalam mengelola stok darah untuk masyarakat Kota Serang.

“Sebenarnya tidak ada masalah kami masih terus kerja sama dan koordinasi dengan UDD Kabupaten Serang, apabila melaksanakan donor darah dan menyetok darah. Tapi akan lebih baik jika memiliki kantor UDD sendiri,” ujarnya. (Dhe/Red)