Beranda Kesehatan PMI Banten Gencar Gelar Donor Plasma Konvalesen

PMI Banten Gencar Gelar Donor Plasma Konvalesen

Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Banten, Polda Banten dan Koram 064/Maulana Yusuf sukses menggelar Gerakan Donor Darah dan Donor Plasma Konvalesen di Mapolda Banten, Selasa (9/3/2021).

SERANG – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Banten, bersama Koram 064/Maulana Yusuf dan Polda Banten menggelar Gerakan Donor Darah dan Donor Plasma Konvalesen di Mapolda Banten, Selasa (9/3/2021). Gerakan donor plasma terus digelorakan PMI bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Provinsi Banten.

Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy menyatakan, donor plasma konvalesen merupakan gerakan kemanusiaan yang harus didukung semua pihak. “Untuk itu, kita menyosialisasikan bersama donor darah konvalesen, sebagai upaya bersama memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata Andika melalui keterangan tertulis, Rabu (10/3/2021).

Ketua PMI Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah yang hadir pada kesempatan virtual mengungkapkan, ada 3 unit donor darah (UDD) PMI di Banten yang dapat dijadikan sebagai tempat donor darah plasma konvelesen. Yakni UDD PMI Kota Tangerang, UDD PMI Kota Tangerang Selatan dan UDD PMI Kabupaten Tangerang.

Untuk penyintas Covid-19 di luar wilayah Tangerang, kata Tatu, PMI siap membantu dengan diawali pengambilan sampel di UUD terdekat. “Jika memenuhi uji kelayakan donor plasma, kami akan antar ke UUD daerah Tangerang untuk berdonor plasma konvalesen. Tidak ada efek negatif, bahkan bernilai kemanusiaan karena menjadi penyelamat saudara kita yang sedang berjuang sembuh dari Covid-19,” ujarnya.

Tatu berterima kasih kepada jajaran TNI-Polri di Banten yang memulai untuk melakukan gerakan bersama donor plasma konvalesen. “Ini tugas kita bersama, dan sudah dicanangkan sebagai gerakan nasional yang pemerintah pusat. Semoga kegiatan kita ini memotivasi para penyintas Covid-19 untuk berdonor plasmanya,” ujarnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini