Beranda Pemerintahan Plt Walikota Cilegon: Peringatan Hari Pahlawan Momen Introspeksi Diri

Plt Walikota Cilegon: Peringatan Hari Pahlawan Momen Introspeksi Diri

Pemkot Cilegon memperingati Hari Pahlawan Nasional. (Foto: Usman/bantennews.co.id)

CILEGON – Pemkot Cilegon memperingati Hari Pahlawan Nasional. Peringatan Hari Pahlawan diharapkan dapat memperkuat nilai-nilai kepahlawanan dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Plt Walikota Cilegon, Edi Ariadi mengatakan peringatan Hari Pahlawan merupakan momentum bagi bangsa Indonesia untuk mengintropeksi diri.

“Selain untuk mengintropeksikan diri, hari Pahlawan ini memiliki tujuan yaitu untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia,” ujar Edi saat menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018 tingkat Kota Cilegon di Halaman Kantor Walikota Cilegon, Senin (12/11/2018).





Edi menegaskan Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun juga harus sarat makna. “Bukan hanya sebagai profesi namun substansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah,” tuturnya.

Edi mengungkapkan melalui peringatan Hari Pahlawan ini harus bisa melahirkan ide-ide dan gagasan berupa transformasi semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan.

“Mentransformasikan keberanian melawan penjajah dapat dijadikan inspirasi mengusir musuh bersama bangsa saat ini, yaitu kemiskinan. Transformasi kecerdikan para pahlawan dalam mengatur strategi pun dapat menginspirasi rakyat Indonesia untuk melakukan inovasi cerdas memperkuat daya saing bangsa dalam pergaulan dunia,” ungkapnya.

Edi berharap agar para seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota Cilegon bisa meniru semangat para pejuang yang telah rela mengabdikan jiwa dan raganya demi bangsa dan negara.

“Nilai-nilai perjuangan para pahlawan itu semuanya tanpa pamrih. Maka dari itu, Saya harap seluruh ASN dan juga pegawai di Pemerintah Kota Cilegon bisa memiliki semangat dan jiwa kepahlawanan untuk membangun Kota Cilegon menjadi lebih baik,” harap Edi.

Edi mengajak kepada seluruh peserta upacara agar berbuat yang terbaik untuk negara kita. “Marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini, mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai dari yang dapat kita lakukan, hingga dari lingkungan terdekat, dan yang pada akhirnya akan memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara kita, dan teruslah kobarkan semangat pahlawan di dada kita torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara,” ajaknya. (Man/Red)