Beranda Bisnis PLN Resmikan SPKLU di Tangerang

PLN Resmikan SPKLU di Tangerang

Perusahaan Listrik Negara (PLN) meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU)

TANGERANG – Perusahaan Listrik Negara (PLN) meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 4 Kota, di antaranya Tangerang, Bali Selatan, Jakarta, dan Bandung.

Sementara untuk di Tangerang, peresmian tersebut digelar di AEON Mall, BSD City, Tangerang, Senin (28/10/2019).

Acara dihadiri oleh Direktur Ketenagalistrikan ESDM, Rida Mulyana, Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Fajar Harry Sampurno, Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani, dan Plt Komisaris Utama PLN Ilya Avianti.

Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani mengatakan, peresmian SPKLU tersebut sebagai bagian dari implementasi kelengkapan infrastruktur bagi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 55 tahun 2019.

Untuk itu, kata Sripeni, PLN berkomitmen menyediakan sejumlah SPKLU baik yang secara mandiri oleh PLN, ataupun melalui kerja sama dengan pihak swasta.

“PLN juga telah bekerja sama dengan 20 mitra strategis dalam percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Kerja sama itu adalah untuk mengimplementasikan Perpres Nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle),” ujar Sripeni di lokasi acara,.

Menurut Sripeni, pada tahun ini PLN berencana membangun 10 SPKLU di seluruh Indonesia. Secara berangsur sampai tahun depan, diharapkan jumlahnya terus bertambah guna menunjang hadirnya perangkat kendaraan listrik mulai dari mobil listrik berbasis baterai, skuter (motor listrik), dan berbagai kendaraan listrik lainnya.

Melalui kerja sama tersebut, lanjut Sripeni, PLN telah mengikat kerjasama dengan 20 perusahaan swasta dan juga BUMN, dalam hal penyediaan SPKLU di sejumlah instansi, termasuk area parkir kendaraan bermotor di berbagai perkantoran dan juga nantinya di pusat-pusat perbelanjaan.

“Itu semua dilakukan sebagai upaya menciptakan terwujudnya ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai di Indonesia, guna menciptakan Indonesia yang tidak hanya bebas dari polusi, namun juga dalam jangka panjang, sekaligus mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil yang tidak dapat diperbarui,” pungkasnya.

(Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini