Beranda Pemerintahan Pj Gubernur Optimis Ekonomi Syariah dan Halal Berkembang di Banten

Pj Gubernur Optimis Ekonomi Syariah dan Halal Berkembang di Banten

Puncak Acara 2nd Sharia and Halal Festival Jawara (Shafara) Banten 2023 di Masjid Agung At-Tsauroh, Kota Serang, Sabtu (12/8/2023)

SERANG – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menyakini, ekonomi syariah dan halal berkembang pesat di Tanah Jawara. Hal itu diungkapkannya dalam puncak acara 2nd Sharia and Halal Festival Jawara (Shafara) Banten 2023 di Masjid Agung At-Tsauroh, Kota Serang, Sabtu (12/8/2023).

“Provinsi Banten sejak zaman Kesultanan Banten, sejak dulu sebagai penggerak ekonomi syariah. Dalam hal ini Pemerintah Provinsi Banten hadir merupakan tindak lanjut dari amanah Bapak Presiden dan para Menteri yang agenda kerja apapun bisa kita lakukan untuk meningkatkan daya tumbuh ekonomi,” ujarnya.

Menurut Al Muktabar, perekonomian Provinsi Banten semakin baik. Hal itu juga terlihat dari produk-produk UMKM sudah ada yang ekspor dan merambah pasar Eropa. Selain itu,  dengan teknologi digital bisa meningkatkan nilai tambah.

“Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) mengayomi sistem ekonomi Islam yang halal dan baik. Bagian dari perwujudan Islam yang rahmatan lil alamin,” ungkap Al Muktabar.

Al Muktabar menyebutkan untuk akses permodalan masyarakat khususnya UMKM, Bank Banten saat ini dalam kondisi baik dan siap menjadi sumber permodalan bagi masyarakat. Bank Banten sendiri saat ini sedang berbenah dan pada saatnya nanti juga akan terjun dan menghadirkan layanan syariah.

Dengan segenap potensi yang dimiliki Provinsi Banten serta stabilitas daerah yang terjaga, Al Muktabar optimis ekonomi syariah akan berkembang di Provinsi Banten. Pasalnya perekonomian Provinsi Banten terus tumbuh, inflasi terkendali, serta investasi meningkat.

Hal itu juga ditopang oleh berbagai potensi infrastruktur diantaranya Bandara Soekarno-Hatta, jaringan jalan tol, pelabuhan laut, hingga jaringan kereta api.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Siti Ma’rufah Ma’ruf Amin mengapresiasi atas kebijakan dan langkah Al Muktabar dalam mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Provinsi Banten.

“Terima kasih kepada Pj Gubernur yang mendukung pengembangan Ekonomi Dan Keuangan Syariah di Provinsi Banten sehingga mendapat 2 Adinata Syariah,” ugkapnya.

“Terima kasih kepada para stakeholder yang turut membangun ekonomi dan keuangan syariah di Provinsi Banten,” tambahnya.

Menurut Siti Ma’rufah, Shafara mendukung seluruh stakeholder struktur ekonomi syariah. Kerja yang baik, terintegrasi antara Pemerintah Provinsi Banten, Perwakilan Bank Indonesia Banten, dan Komite Daerah Ekonomi Syariah dan Keuangan Syariah Provinsi Banten.

“Perkembangan ekonomi syariah di Provinsi Banten luar biasa. Banyak program yang langsung dirasakan oleh masyarakat. Potensi ekonomi syariah di Provinsi Banten sangat besar. Insya Allah ekonomi syariah akan lebih berkembang lagi, lebih baik lagi,” pungkasnya.

Hal senada juga diungkap Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Imaduddin Sahabat. Pihaknya mencatat perkembangan ekonomi syariah khususnya dari sisi UMKM halal meningkat.

“Tidak hanya dari sisi kuantitas tapi juga kualitas. Di berbagai event nasional kita selalu juara. Juga sudah ada yang ekspor. UMKM Provinsi Banten tidak kalah dengan yang lain dan kita patut berbangga. Pondok Pesantren juga mulai semarak untuk menggerakkan ekonomi syariah,” ungkapnya.

“Kami ucapakan terima kasiih kepada Pak Pj Gubernur Al Muktabar. Kami erat sekali dengan OPD menggerakkan ekonomi syariah di Provinsi Banten,” pungkas Imaduddin Sahabat.

Sebagai informasi, Shafara juga dimeriahkan dengan Peragaan Busana rancangan para santri, penyerahan secara simbolis akses permodalan syariah sebesar Rp9,7 miliar untuk UMKM Jawara Banten, penyerahan sertifikasi halal produk UMKM, serta Kick Off Kawasan Zona Kuliner Halal di Pasar Lama, Kota Serang. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini