Beranda Pemerintahan Pj Gubernur Banten Al Muktabar Ajak Santri Aktif Dalam Pembangunan

Pj Gubernur Banten Al Muktabar Ajak Santri Aktif Dalam Pembangunan

Pj Gubernur Banten Al Muktabar memberikan pidato pada Hari Santri bersama para ulama dan santri di Alun-alun Barat, Kota Serang, Minggu (22/10/2023). (Ist)

SERANG – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mendorong seluruh santri aktif menimba ilmu agama maupun umum untuk menjadi bekal utama bagi seorang pemimpin.

“Maka kita yakin generasi Indonesia ke depan adalah generasi yang amanah dan punya nilai keagamaan yang kuat serta ilmu pengetahuan yang tinggi. Provinsi Banten menjadi bagian penting dari penyiapan generasi itu,” kata Al Muktabar dalam menghadiri apel Hari Santri bersama para ulama dan santri di Alun-alun Barat, Kota Serang, Minggu (22/10/2023).

Menurutnya, di Provinsi Banten, banyak berdiri Pondok Pesantren (Ponpes) hingga dikenal sebagai daerah sejuta santri, seribu ulama. Sampai saat ini pun banyak para santri dari berbagai daerah yang menimba ilmu agama di Provinsi Banten.

“Tadi saya sempat bertanya kepada para santri, ternyata banyak dari mereka yang berasal dari Kalimantan, Riau, Palembang, Lampung dan daerah-daerah lainnya. Artinya Provinsi Banten menjadi tujuan tempat belajar agama Islam,” ujarnya.

Dari sisi kesejarahan, jelas Al Muktabar, santri mempunyai peranan yang sangat penting baik dalam merebut kemerdekaan maupun pada fase mempertahankan kemerdekaan. Maka dari itu, semangat resolusi jihad yang dikobarkan para santri terdahulu itu harus terus digelorakan.

“Semangat jihad itu relevan dan sejalan dengan semangat pembangunan yang sedang pemerintah lakukan.Tantangan bangsa Indonesia ke depan sangat dinamis. Oleh karenanya dibutuhkan seorang generasi muda yang kuat,” ucapnya.

Dikatakan Al Muktabar, kita semua harus menjadi insan yang cerdas, peduli terhadap sesama, dan siap berkontribusi positif bagi masyarakat dan negara. Oleh karena itu, mari kita renungkan dan amalkan semangat jihad santri dalam kehidupan sehari-hari.

Perjuangan kita, tambahnya, bukanlah perjuangan fisik semata. Perjuangan saat ini untuk memerangi kebodohan, ketidakadilan, kemiskinan, dan semua bentuk ketidaksetaraan.

“Bersama-sama, kita bisa menjayakan negeri ini dengan membawa perubahan yang positif dan berkelanjutan,” ungkap Al Muktabar.

Saat ini, kata Al Muktabar, Indonesia menghadapi berbagai tantangan dan perubahan yang kompleks. Di tengah dinamika global yang terus berubah, santri memiliki peran kunci dalam menjaga keutuhan nilai-nilai keagamaan dan moral dalam masyarakat.

“Mari kita bersatu. Terus berjuang dan menjalankan peran sebagai agen perubahan yang membawa kemajuan bagi negeri ini,” pungkas Al Muktabar.

Turut hadir dalam apel Hari Santri Nasional yakni Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto, Pj Sekda Banten Virgojanti, Kepala Kemenag Provinsi Banten Nanang Fatchurrochman, Ketua PB Mathla’ul Anwar Embay Mulya Syarif serta puluhan kiai dan pengasuh Pondok Pesantren di Provinsi Banten.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini