Beranda Teknologi Pimpinan KPK Minta Doa Agar Tidak Jadi Sasaran Hacker Bjorka

Pimpinan KPK Minta Doa Agar Tidak Jadi Sasaran Hacker Bjorka

Ilustrasi - foto istimewa Newbit

 

JAKARTA – Aksi Bjorka yang meretas beberapa pejabat pemerintah sepertinya membuat khawatir pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bahkan mereka berharap aksi Bjorka tidak sampai bisa menembus lembaga anti korupsi tersebut.

“Mudah-mudahan ke depan KPK tidak menjadi sasaran dan mudah-mudahan seandainya pun disasar mudah-mudahan kami mampu untuk menangkal-nya,” ucap Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, di Gedung KPK yang dimuat Antaranews.

Di sisi lain Ghufron menegaskan sampai saat ini belum menemukan informasi dan data yang dimilikinya dibobol oleh pelaku peretasan yang mengaku sebagai “Bjorka”.

“KPK sampai saat ini belum menemukan bahwa KPK salah satu instansi yang informasi dan datanya dibobol oleh ‘Bjorka’,” kata di Gedung

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyampaikan pemerintah membentuk satuan tugas (satgas) perlindungan data untuk melindungi data, terutama data negara, dari berbagai ancaman kebocoran ataupun peretasan, seperti yang dilakukan oleh “Bjorka”.

Adapun pembentukan satgas dan pembahasan penyelesaian kasus peretasan oleh “Bjorka” itu telah melalui perundingan yang melibatkan Mahfud MD selaku Menko Polhukam, Menteri Komunikasi dan Informatika Jhonny G. Plate, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian, dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Terkait dengan peretasan yang dilakukan oleh “Bjorka”, menurut Mahfud, data-data yang bocor merupakan data yang bersifat umum, bukan data-data rahasia negara.

Bahkan, menurut Mahfud, motif peretasan oleh “Bjorka” bukan motif yang membahayakan, melainkan motif yang menggabungkan persoalan politik, ekonomi, dan jual beli.

Meskipun begitu, Mahfud menekankan kepada seluruh masyarakat bahwa pemerintah senantiasa serius dalam menangani kasus-kasus kebocoran data. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini