Beranda Politik Pilkada Tangsel Digelar Besok, Serangan Fajar Sudah Bermunculan

Pilkada Tangsel Digelar Besok, Serangan Fajar Sudah Bermunculan

Komisioner Bawaslu RI dan Bawaslu Tangsel saat memberikan keterangan - (Foto Ihya/BantenNews.co.id)

TANGSEL – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan digelar besok, 9 Desember 2020. Praktik serangan fajar pun sudah mulai bermunculan.

Serangan fajar itu pun bentuknya bermacam-macam. Terakhir ditemukan berupa bagi-bagi masker berisi uang tunai senilai Rp50 ribu dan ajakan untuk memilih salah satu pasangan calon.

Tim Komunikasi Calon Walikota dan Wakil Walikota Tangsel No 3 Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan, Reza Ahmad mengatakan, tidak hanya serangan fajar berupa bagi-bagi uang, dugaan pelanggaran lainnya juga banyak ditemukan timnya di lapangan.

Sedikitnya, ada tiga laporan dugaan pelanggaran yang diterima tim di lapangan dan telah dilaporkan ke pihak Bawaslu Tangsel.

“Pertama penanyangan iklan kampanye di masa tenang, berisi ajakan dan imbauan untuk memilih paslon tertentu. Kedua pelanggaran iklan di Youtube untuk memilih pasangan No 1, dan terakhir dugaan politik uang,” ungkap Reza, Senin (7/12/2020).

Terkait dugaan politik uang, pihaknya mengaku menemukannya di sejumlah tempat, seperti Legoso, Setu, dan wilayah Ciputat Timur.

“Jadi ada pembagian masker dan mug yang disisipi uang Rp50 ribu. Jadi dia mengemasnya dengan cara membagikan masker. Ini kami temukan di Legoso, Setu, dan Ciputat Timur. Kuat dugaan, ini politik uang dari paslon No 1,” paparnya.

Lebih lanjut, di waktu yang tinggal sehari lagi menjelang pemilihan, Bawaslu Tangsel bisa mengusut dan menindak tegas pelakunya.

“Semua pelanggaran ini sudah kita laporkan ke Bawaslu. Jadi kami berharap Bawaslu Tangsel dapat mengusut dan menindak, serta memberikan sanksi jika ada pelanggaran. Kita masih ada spare 1 hari, kami rasa cukup,” paparnya.

Reza juga mengatakan, pihaknya memiliki bukti-bukti yang cukup kuat terkait dugaan pelanggaran politik uang tersebut.

Sementara itu, Juru Bicara Tim Pemenangan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangsel No 1 Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo menganggap santai laporan dugaan politik uang yang dialamatkan ke timnya.

Dia bahkan mengapresiasi langkah yang diambil Tim Ben-Pilar yang melaporkan dugaan pelanggaran itu kepada Bawaslu Tangsel.

“Saya komentar setelah ada BAP nya. Silakan laporkan kecurangan Pilkada mengikuti prosedur yang ada,” pungkasnya. (Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini