Beranda Olahraga Piala Dunia 2018, Uruguay Bantai Rusia 3-0

Piala Dunia 2018, Uruguay Bantai Rusia 3-0

Luis Suarez melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Rusia - foto istimewa detik.com

RUSIA – Uruguay menang atas Rusia 3-0 di laga terakhir fase grup. Dengan kemenangan ini Uruguay lolos 16 besar sebagai Juara Grup.

Pertandingan di Samara Arena, Senin (25/6/2018) malam WIB, memperebutkan status juara grup. Uruguay dan Rusia sudah sama-sama memastikan tiket ke babak 16 besar.

Uruguay sudah unggul 2-0 di babak pertama lewat gol Luis Suarez dan gol bunuh diri Denis Cheryshev. Sementara itu, Rusia harus menuntaskan babak pertama dengan 10 orang setelah Igor Smolnikov diusir wasit karena dua kartu kuning.

Di paruh kedua, Rusia masih berupaya untuk mencetak gol balasan. Rusia tetap menekan meski kalah jumlah pemain. Namun mereka kesulitan menciptakan peluang bersih. Justru Uruguay yang menambah gol di menit ke-90 lewat sepakan Cavani.

Dengan hasil ini, Uruguay mengumpulkan sembilan poin dari tiga laga dan lolos ke babak 16 besar dengan status juara Grup A. Sementara itu, Rusia harus puas finis runner-up.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berjalan cukup terbuka di menit-menit awal. Kedua tim bergantian melancarkan serangan.

Uruguay pada akhirnya unggul 2-0 saat turun minum. Gol dari Luis Suarez dan gol bunuh diri Denis Cheryshev membawa Uruguay memimpin.

Uruguay mendapatkan peluang pertama lewat tembakan Matias Vecino dari luar kotak penalti. Namun sepakan Vecino masih menyamping dari gawang Rusia.

Di menit ke-10, Uruguay mendapat tendangan bebas tepat di depan kotak penalti menyusul pelanggaran Yuri Gazinskiy terhadap Rodrigo Bentancur. Luis Suarez bersiap mengeksekusi bola.

Suarez dengan cerdik melepaskan tendangan menyusur tanah yang mengarah ke pojok kanan bawah gawang Madrid. Bola tak mampu dijangkau oleh Igor Akinfeev dan Uruguay unggul 1-0 atas Rusia.

Rusia langsung merespons. Umpan sundulan Artem Dzyuba langsung disambar oleh Denis Cheryshev. Namun Fernando Muslera masih sigap menepis bola.

Meski sudah kebobolan, Rusia masih terlihat percaya diri. Mereka masih berupaya mencetak gol balapas. Namun Rusia justru kembali kebobolan di menit ke-23.

Berawal dari sebuah sepak pojok untuk Uruguay, bola yang dihalau jatuh ke kaki Diego Laxalt. Laxalt yang ada di luar kotak penalti kemudian melepaskan tembakan. Sial bagi Rusia, bola membentur Cheryshev dan berbelok. Akinfeev tak mampu mengantisipasinya.

Uruguay terus melancarkan tekanan dan hampir menambah gol. Tendangan Bentancur diblok oleh Akinfeev. Bola liar kemudian langsung dibuang oleh bek Rusia.

Di menit ke-36, Rusia harus kehilangan salah satu pemainnya. Igor Smolnikov diusir wasit setelah mendapat kartu kuning kedua menyusul pelanggaran terhadap Laxalt.

Unggul jumlah pemain, Uruguay pun mengendalikan permainan. Namun tak ada peluang bersih yang mereka ciptakan lagi di sisa waktu babak pertama.

Di awal babak kedua, Uruguay mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti Rusia. Tapi tendangan Cavani masih membentur pagar betis pemain Rusia.

Meski kalah jumlah pemain, Rusia masih mampu merepotkan Uruguay. Namun minimnya kreativitas serta buruknya aliran bola di sepertiga akhir lapangan membuat Rusia kesulitan menciptakan peluang.

Sudah unggul dua gol, Uruguay sendiri perlahan mengendurkan intensitas permainan. Sementara itu, Rusia yang sesekali menekan kesulitan menemukan ruang tembak.

Rusia menyia-nyiakan sebuah kans bagus di menit ke-74. Fernando Muslera melakukan kesalahan dalam mengoper bola dan Rusia langsung menyerang balik. Tapi penyelesaian akhir Dzyuba melenceng jauh dari gawang Muslera.

Giliran Uruguay yang membuang kesempatan bagus setelah pemain Rusia salah mengoper. Cavani memimpin serangan balik Uruguay dan mengoper kepada Suarez.

Suarez mencoba mengembalikan bola kepada Cavani dengan melepaskan umpan ke depan gawang. Tapi bola masih jauh dari jangkauan Cavani.

Cristian Rodriguez mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun Akinfeev masih bisa menepisnya.

Cavani, yang belum mencetak gol di Piala Dunia 2018, terus berupaya membuka keran golnya. Menusuk dari sisi kanan, Cavani kemudian melepaskan tembakan tapi diblok pemain Rusia.

Upaya Cavani untuk mencetak gol akhirnya membuahkan hasil di menit ke-90. Berawal dari tendangan sudut, Diego Godin menanduk bola dan ditepis oleh Akinfeev. Bola muntah di depan gawang langsung disambar oleh Cavani untuk memberi Uruguay keunggulan 3-0.

Susunan Pemain

Uruguay: Muslera, Caceres, Godin, Coates, Nandez (Rodriguez 73′), Bentancur (De Arrascaeta 63′), Torreira, Vecino, Laxalt, Suarez, Cavani (Gomez 93′).

Russia: Akinfeev, Smolnikov, Kutepov, Ignashevich, Kudryashov, Zobnin, Gazinsky (Kuzyaev 46′), Samedov, Cheryshev (Fernandes 38′), Aleksey Miranchuk (Smolov 60′), Dzyuba. (Red)

Sumber : detik.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini