Beranda Bisnis PHRI : Pemprov Belum Pernah Minta Sediakan Hotel untuk Tenaga Medis

PHRI : Pemprov Belum Pernah Minta Sediakan Hotel untuk Tenaga Medis

Sekretaris Komisi V DPRD Banten Fitron Nur Ikhsan meninjau fasilitas tenaga kesehatan RSUD Banten di rumah dinas Gubernur Banten, Jalan Brigjen Syam'un, Kota Serang. (Ist)

SERANG – Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Banten, Ahmad Sari Alam mengaku belum pernah diajak duduk bersama oleh Pemprov Banten untuk membicarakan kebutuhan hotel bagi tenaga medis di Banten yang tengah berjibaku melawan Covid-19.

Padahal, kata Ahmad, sebagai sesama anak bangsa dirinya bersama para pengusaha hotel di Banten sangat terpanggil untuk bersama-sama memberikan sumbangsih untuk para pejuang kemanusiaan yang kini merawat pasien Corona.

“Ini musibah global, bukan hanya nasional. Sebagai anak bangsa kami mau membantu. Tapi PHRI enggak pernah diajak duduk bersama. Padahal banyak hotel yang kini tutup bisa dimanfaatkan untuk menampung tenaga medis yang saat ini berjuang di rumah sakit. Tentu akan lebih nyaman dibandingkan dengan menempatkan di Pendopo Lama (Rumah Dinas Gubernur Banten),” kata Ahmad kepada BantenNews.co.id, Jumat (3/4/2020).

Ahmad menambahkan bahwa pemilik hotel tentu akan merasa senang jika Pemprov Banten mau melibatkan mereka dalam penanganan wabah Covid-19 di Banten.

“Di Tangerang sudah ada (hotel yang digunakan untuk tenaga medis). Kami juga kan melihat Pemdanya harus pro aktif. Soal harga juga kan tidak mungkin seperti harga normal pada umumnya. Ini kan soal kemanusiaan, bisa dimanfaatkan untuk tempat tenaga medis itu sudah baik. Tinggal pemerintah menjamin kebersihannya (sterilisasi pasca digunakan),” jelas Ahmad.

Sebelumnya, Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan bahwa tidak ada satupun hotel di Banten, khususnya di Kota Serang yang mau menerima tenaga medis yang bertugas di RSUD Banten.

“Insya Allah secepatnya, sabar dulu. Hotel tidak ada yang mau jadi tempat karantina. Kalau mau sudah dari awal ditempatkan di hotel,” kata Wahidin.

Padahal, Pemprov Banten sendiri mengucurkan anggaran yang besar bersumber dari Belanja Tak Terduga BTT sebesar Rp10,065 miliar.

(You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini