Beranda Sosial Petugas PMI Jangan Terkendala Birokrasi Bantu Korban Tsunami

Petugas PMI Jangan Terkendala Birokrasi Bantu Korban Tsunami

Daerah terdampak tsunami Selat Sunda di Kecamatan Sumur, Pandeglang. (Wahyu/bantennews)

SERANG  – Sebagai organisasi nonpemerintah ( NGO), Palang Merah Indonesia (PMI) harus cepat tanggap dan siap membantu upaya pemerintah serta menolong mmasyarakat yang sangat membutuhkan terutama yang mengalami musibah akibat bencana alam, seperti korban tsunami Selat Sunda. Dalam menjalankan tugasnya, petugas PMI jangan sampai terkedala masalah birokratis.

Demikian dikatakan oleh pejabat Ketua Umum Pengurus Pusat PMI, Ginandjar Kartasasmita saat meninjau kerja lapangan petugas PMI dan relawan di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, Sabtu (5/1/2019). Kecamatan Sumur merupakan salah satu daerah terdampak parah akibat bencana alam tsunami Selat Sunda pada 22 Desember lalu.

Masyarakat pesisir pantai itu didominasi oleh komunitas nelayan. Saat tsunamai melanda Kecamatan Sumur, tercatat 37 orang meninggal dunia ratusan bangunan dan barang, seperti rumah, sekolah, instalasi air, dan perahu nelayan rusak berat.

Dalam kunjungan itu, Ginandjar didampingi pengurus pusat PMI, yakni Dwi Hartanto dan M Arifin serta Presiden Lippo Group, Theo L Sambuaga. Ginandjar meminta kepada jajaran pengurus PMI untuk segera mendatangkan bantuan lima ton beras yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Bantuan beras itu merupakan bagian dari bantuan-bantuan tanggap darurat sebelumnya, di mana PMI bekerja sama dengan pihak swasta, seperti Lippo Group. Bantuan-bantuan itu sudah disalurkan PMI sejak hari pertama bencana.

Saat melakukan peninjauan lapangan, Ginandjar dihadiri oleh relawan yang membantu korban bencana alam, termasuk perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya, dan Solo. Selain itu, ada juga pejabat Kabupaten Pandeglang Haji, Wakil Camat Sumur Maman.

Pengurus Pusat PMI langsung memenuhi permintaan masyarakat dengan memberikan bantuan pembangunan instalasi air bersih, perbaikan sejumlah perahu nelayan, perbaikan gedung sekolah yang rusak, serta bantuan peralatan belajar.

Pada siang harinya, rombongan Ketua Umum PMI mengadakan pertemuan dengan seluruh pengurus PMI Provinsi Banten dan kabupaten/kota di Serang, yang dipimpin oleh Sekretaris PMI Banten, Rachmat . Pertemuan yang dilaksanakan di kantor PMI Banten itu membahas upaya yang dilakukan petugas PMI di lapangan serta kendala yang dihadapi serta langkah-langkah untuk mengatasinya. (Red)

Sumber : beritasatu.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini