Beranda Hukum Petugas Gabungan Gagalkan Penyelundupan Burung dari Sumatera ke Banten

Petugas Gabungan Gagalkan Penyelundupan Burung dari Sumatera ke Banten

Petugas gabungan dari BKSDA dan KSOP menggagalkan penyelundupan burung dari Sumatera yang akan dikirim ke pulau Jawa. (Foto: Istimewa)

SERANG – Petugas gabungan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat wilayah 1 Serang bersama petugas Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pelabuhan Merak, Banten berhasil menggagalkan penyelundupan hewan dilindungi.

Petugas gabungan berhasil menggagalkan burung jenis ciblek dan pleci dari Sumatera yang akan dikirim ke Jawa. “Malam tadi jam 11 kita mengamankan satu unit kendaraan pribadi yang membawa burung,” kata Kepala Seksi Konservasi wilayah 1 Serang BBKSD Jabar, Andre Ginson kepada bantennews.co.id, Rabu (28/11/2018).

Andre menuturkan petugas gabungan sudah mendapat informasi mengenai upaya penyelundupan burung ke Jawa. Berbekal informasi tersebut, petugas gabungan kemudian mengintai kendaraan jenis Toyota Kijang hitam plat nomor B 1368 BFJ.





Setelah menyetop kendaraan tersebut petugas gabungan kemudian memeriksa isi kendaraan dan menemukan puluhan keranjang plastik berisi ratusan burung dari Sumatera. “Kami amankan dan rencananya akan kami lepas sore ini di wilayah Mancak,” kata Andre. (You/Red)