Beranda Kesehatan Petugas BPBD Kabupaten Serang Mulai Divaksinasi Covid-19

Petugas BPBD Kabupaten Serang Mulai Divaksinasi Covid-19

Vaksinasi Pertama di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kabupaten Serang, Senin (1/3/2021). (Nindia/BantenNews.co.id)

KAB. SERANG – Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang menerima vaksinasi Covid-19 pertama pada Senin (1/3/2021). Vaksinasi tersebut dijadwalkan mulai Senin (1/3/2021) hingga Selasa (2/3/2021).

Ketua Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Serang, Nana Sukmana Kusuma, mengatakan total anggota yang akan divaksin adalah sebanyak 324 orang. Namun, tidak bisa semua anggotanya mendapatkan vaksinasi.

“Kita rencanakan semua anggota BPBD divaksin. Walaupun hari ini tidak semua (anggota) bisa divaksin karena kita memang ada 5 pos dan semua ada di lapangan. Rencana vaksinasi hari ini dan besok untuk Satpol PP,” ujarnya yang ditemui di kantornya pada Senin (1/3/2021).





Nana mengungkapkan vaksinasi pertama yang diterima oleh petugas BPBD Kabupaten Serang guna memutus dan mencegah penyebaran Covid-19, mengingat para anggota BPBD Kabupaten Serang bekerja langsung bersentuhan dengan masyarakat dan menjadi bagian dari Satgas Covid-19.

“Kenapa harus divaksin dan didahulukan? Kita tahu sendiri kalau BPBD adalah ring pertama dalam Covid-19 ini. Kita bekerja sejak Maret tahun lalu sampai sekarang, BPBD ada di ring terdepan. Kita yang sering berhadapan dengan semua yang terpapar. Kita melakukan investigasi, penyemprotan, bahkan sampai ke pemakaman. Mau tidak mau, anggota kami harus memiliki kekebalan,” ungkapnya.

Selain BPBD, sasaran vaksinasi gelombang pertama dalam tahap kedua kelompok prioritas, akan dilakukan kepada tenaga pendidik, tokoh agama, pejabat negara, wakil rakyat, pegawai pemerintah, TNI, Polri, Satpol PP, pemadam kebakaran, wartawan, BUMN, BUMD, Perangkat Desa, atlet, petugas transportasi publik dan pelaku sektor pariwisata.

(Tra/Nin/Red)