Beranda Kesehatan Petinggi WHO Sebut Ada 8 Kandidat Vaksin Andalan untuk Virus Corona

Petinggi WHO Sebut Ada 8 Kandidat Vaksin Andalan untuk Virus Corona

Ilustrasi. (Foto : kompas.com)

JAKARTA – Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan ada sekitar tujuh atau delapan kandidat teratas untuk vaksin Corona yang pengembangannya sedang dipercepat.

Mengutip Aljazeera, Tedros mengatakan pada konferensi video dengan Dewan Ekonomi dan Sosial PBB bahwa upaya untuk pengembangan vaksin telah dibantu oleh $8 miliar atau sekitar Rp 119 triliun dari dana yang dijanjikan oleh para pemimpin dari 40 negara. Namun dia menambahkan lebih banyak dana akan dibutuhkan.

“Kami memiliki kandidat (vaksin Corona) yang baik sekarang. Yang teratas sekitar tujuh, delapan. Tetapi kami memiliki lebih dari seratus kandidat,” tutur Tedros.

“Kami fokus pada beberapa kandidat yang kami lihat yang dapat membawa hasil yang mungkin lebih baik dan mempercepatnya dengan potensi yang lebih baik,” sambungnya.

Tedros tidak menyebut secara spesifik kandidat teratas vaksin virus Corona.

Sejak Januari, WHO telah bekerja dengan ribuan peneliti di seluruh dunia untuk mempercepat pelacakan dan pengembangan vaksin, mulai dari mengembangkan uji pada hewan hingga desain percobaan klinis.

Ia juga menyebut ada konsorsium dengan lebih dari 400 ilmuwan yang terlibat dalamm pengembangan vaksin dan diagnostik virus Corona. (Red)

Sumber : detik.com

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini