Beranda Pemerintahan Petani di Pandeglang Diminta Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Petani di Pandeglang Diminta Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Panen bawang merah dan tomat di Kecamatan Mandalawangi dan Jiput - Foto istimewa

PANDEGLANG – Guna mensukseskan program pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan nasional, Pemkab Pandeglang ikut serta meningkatkan produktivitas di bidang pertanian.

“Dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan, Pemkab Pandeglang terus berupaya meningkatkan produktivitas diberbagai bidang pertanian, baik itu hortikultura, perkebunan dan peternakan, “kata Irna saat melakukan panen bawang merah dan tomat di Kecamatan Mandalawangi dan Jiput, Selasa (26/1/2021).

Lebih lanjut Ia mengatakan Pandeglang memiliki lahan pertanian yang sangat produktif, dibidang hortikultura kita menghasilkan padi, jagung, kedelai, cabai, tomat, bawang merah bahkan manggis yang sudah diekspor ke luar negeri, dibidang peternakan ternak Pandeglang jadi unggulan.

“Pandeglang mampu menyuplai kebutuhan pangan di Provinsi Banten, hal ini tentunya saja membuktikan bahwa pandeglang merupakan daerah lumbung pangan,” ucap Irna melalui siaran tertulis.

“Ayo semangat para pahlawan pangan Pandeglang, terus tingkatkan produktivitas pertanian untuk mewujudkan kedaulatan pangan , sehingga berdampak pada meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan para pertani,” tutur Irna.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang, Budi S Januardi mengatakan untuk mewujudkan kedaultan pangan, pihaknya terus memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada para petani, baik dibidang hortikultura, peternakan maupun perkebunan, “kata Budi.

Ia menambahkan dalam meningkatkan produktivitas dibidang hortikultura contohnya saja tanaman tomat yang ditanam oleh kelompok tani tunas mekar yang berada di area percontohan seluas setengah hektar mampu menghasilkan tomat andalan, biasanya mereka fokus tanaman cabai.

“Akan tetapi para kelompok tani mencoba ingin mengembangkan tomat dan hasilnya alhamdulilah hasil tomat mereka jadi produk unggulan karena dikelola oleh kelompok tani yang memiliki prestasi peringkat III tingkat nasional dalam budidaya, ini berkat kerjasama kita semua,” ujarnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini