Beranda Pemerintahan Petani di Pandeglang Diminta Kembangkan Ilmu Pertanian dan Wisata

Petani di Pandeglang Diminta Kembangkan Ilmu Pertanian dan Wisata

414
0
Bupati Pandeglang Irna Narulita bersama Suaminya yang juga Anggota DPR RI, Dimyati Natakusumah - foto istimewa

PANDEGLANG – Pemkab Pandeglang melakukan Launching OBOD (One BPP One Destination) Balai Penyuluh Pertanian Sindangresmi yang bertempat di Desa Campaka Warna, Kecamatan Sindang Resmi.

Program OBOD diharapkan mampu meningkatkan minat para petani untuk terus mengembangkan ilmunya di dalam bidang teknologi sektor pertanian juga sebagai tempat Agro dan Edu Wisata bagi masyarakat. Diharapkan hal ini dapat memberikan nilai tambah bagi para petani dan juga masyarakat di sekitar kawasan.

Bupati, Irna Narulita mengatakan dengan adanya integrasi antara BPP dengan desa yang dapat juga dikelola oleh BUMDes setempat.



“Tempat ini juga dilengkapi dengan tempat-tempat selfie yang dapat menarik minat pemuda-pemudi untuk hadir dan sekaligus belajar tentang pertanian. Kampung ini juga dinamakan kampung Sawarga (Sawah dan Refogia) yang memadukan padi dengan tanaman refogia sebagai penangkal hama alami,” ujarnya melalui siaran tertulis, Minggu (8/3/2020).

Irna melanjutkan bahwa di lokasi tersebut juga terdapat Embung air desa yang dapat mengairi sawah seluas 250 Hektare.

“Dari embung ini selain mengaliri sawah juga menghasilkan panen ikan, sehingga menghasilkan karbohidrat dan protein untuk masyarakat campakawarna, upaya bimbingan dari BPP kepada kelompok tani, sehingga masa tanam yang tadinya hanya 2 kali dalam setahun, menjadi 3 kali, tanam padi dua kali diselingi kali oleh jagung dan kedelai sehingga dapat meningkatkan nilai tambah ekonomi bagi para petani,” imbuhnya.

(Red)