Beranda Bisnis Petani di Banten Didorong Penuhi Permintaan Vanili Dunia

Petani di Banten Didorong Penuhi Permintaan Vanili Dunia

Buah Vanili - foto istimewa

CILEGON – Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Cilegon bersama Instansi terkait terus mendorong peningkatan budidaya tanaman vanili di wilayahnya. Tersedianya pasar dan harga yang tinggi turut menumbuhkan semangat para petani untuk menekuni budidaya tanaman ini.

Kepala Karantina Pertanian Cilegon, Arum Kusnila Dewi menuturkan bahwa saat ini permintaan pasar sangat tinggi, dipasaran lokal seperti Bali, Tangerang dan Bekasi membutuhkan ratusan ton vanili basah. Namun demikian jika ingin mendapatkan keuntungan yang lebih banyak, ada pasar ekspor seperti Amerika Serikat, Belanda, Prancis, Turki dan Korea Selatan.

“Informasi yang kami dapatkan harga vanili basah saat ini berkisar Rp150 hingga Rp350 ribu, jika dikeringkan menjadi Rp4 hingga Rp5,7 jutaan,” terang Arum saat melakukan kunjungan lapang bersama instansi terkait; Dinas Pertanian se Propinsi Banten, BPSBTPH, Dinas Perdagangan, BUMD dan para pelaku usaha yang dikirim melalui siaran tertulis, Sabtu (13/2/2021).

Data dari Dinas Pertanian Provinsi Banten tahun 2020, lahan budidaya vanili terdapat di Kabupaten Serang, Pandeglang, Lebak dan Tangerang yang saat itu mencapai 72 hektar yang ditanami sebanyak 28.280 pohon vanili. Dilakukan perluasan tanam dimulai Januari 2021 dengan luas 80 Ha dengan sejumlah bibit 400.000 di Tanjung Lesung Pandeglang.

Berdasarkan hasil literatur dan penelitian tanaman vanili yang kami terima, keadaan geografis yang cocok bagi tanaman ini adalah di daerah tropis, vanili tumbuh dibawah naungan, rata- rata vanili akan mulai berbunga ditahun ke dua setelah tanam yang akan menghasilkan berat basah 1 – 2 kg atau jika dikeringkan menjadi 0.3-0.4 kg. Di Indonesia ada 3 varietas yang telah dilepaskan yaitu vania 1, vania 2 dan Alor.

Pola budidaya vanili relatif serupa dengan pada umumnya anggrek, dengan memanfaatkan lahan pekarangan antara luasan lahan pekarangan 20-100 meter persegi. Hal ini bisa membantu menambah pendapatan penghasilan keluarga dilevel masyarakat baik desa maupun kelurahan diperkotaan.

Arum memberikan apresiasi atas semangat para petani dan pendampingan mandiri kelompok tani juga atas koordinasi Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian Banten.

“Kami berharap kepada semua instansi terkait untuk terus mendukung dan memfasilitasi petani agar tetap antusias dalam menekuni budidaya vanili sehingga produktifitas akan terus meningkat baik secara baik secara kualitas, kuantitas dan kontinyunitas. Karantina akan membantu dalam membuka pintu ekspor langsung dari Banten dan harapan kedepan komoditas vanili akan turut mensukseskan program gerakan tiga kali lipat ekspor (gratieks),” pungkas Arum.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini