Beranda Pendidikan Peserta Pendidikan Paket C Dibekali Keterampilan

Peserta Pendidikan Paket C Dibekali Keterampilan

470
0
Sebanyak 86 peserta didik yang ikut UNBK kesetaraan Paket C. (Ali/bantennews).

 

LEBAK – Peserta pendidikan kesetaraan paket C (setara SMA) di Kabupaten Lebak dalam pembelajarananya tidak hanya belajar membaca, menulis dan berhitung (calistung) saja, tetapi juga dibekali pendidikan kerampilan atau vokasi.

Kepala Bidang PAUD-Dikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebak, Irawan, mengatakan pelaksanaan pendidikan kesetaraan di Kabupaten Lebak sejak tahun pelajaran 2016-20017 hingga sekarang sudah dibekali pendidikan keterampilan atau vokasi keterampilan. Sayangnya, lembaga penyelenggara pendidikan Paket C di Lebak belum banyak.

“Untuk menyelenggarakan vokasi keterampilan itu lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sebagai penyelenggara pendidikan kesetaraan ini, harus mengajukan proposal dan dinilai kelayakannya untuk menyelenggarakan vokasi keterampilan di lembaga tersebut,” kata Irawan.

Pembelajaran vokasi keterampilan saat ini hanya diarahkan kepada peserta pembelajaran paket C. Harapannya setelah menyelesaikan pendidikan kesetaraan peserta didik tersebut memiliki bekal atau kecakapan untuk bekerja, baik mencaiptakan wirausaha maupun bekerja di sektor industri.

Untuk di Kabupaten Lebak, bidang keterampilan yang sudah dilaksanakan, seperti tata boga, perbengkelan, konveksi, otomotif, service HP.

“Kami kira peserta pembelajaran paket C setelah lulus pendidikan kesetaraan paket itu tidak hanya menerima ijazah paket C tetapi juga memeroleh sertifikat kompetensi,” ujarnya. (Ali/Red)