Beranda Pemerintahan Pesawat Rusak, Pemberangkatan 328 Calon Jemaah Haji Banjarmasin Tertunda

Pesawat Rusak, Pemberangkatan 328 Calon Jemaah Haji Banjarmasin Tertunda

Calon jemaah haji Kabupaten Lebak saat mengikuti manasik haji. (foto: Sandi/BantenNews.co.id)

BANJARMASIN – Sebanyak 328 calon jemaah haji kloter empat asal embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan harus rela menunda keberangkatannya ke Tanah Suci. Hal itu dikarenakan ada kendala teknis pada mesin pesawat yang memerlukan penanganan lebih lanjut, khususnya terkait pergantian spare part pesawat.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra meminta maaf atas kendala yang terjadi dikarenakan jadwal penerbangan dan armada pesawat untuk kloter empat calon jemaah haji pada penerbangan Garuda Indonesia dari embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan mengalami gangguan.

Penerbangan yang sedianya dilakukan pada Sabtu (3/6/2023) dini hari ditunda lantaran adanya kendala teknis. Kendala teknis tersebut diketahui usai petugas Garuda Indonesia bersama tim terkait tengah melakukan inspeksi akhir kesiapan armada yang akan dioperasikan penerbangan menuju Madinah bagi kloter empat.

“Atas kondisi tersebut telah dilakukan assessment dan mitigasi aspek operasional guna menunjang kelancaran layanan penerbangan bagi calon jamaah haji,” kata Irfan dalam keterangan tertulis dikutip dari Suara.com (jaringan BantenNews.co.id), Minggu (4/6/2023).

Irfan menjelaskan upaya tersebut antara lain pengoperasian pesawat pengganti, penambahan layanan penerbangan bagi jemaah yang terdampak penyesuaian armada, penyesuaian jadwal penerbangan bagi kloter penerbangan selanjutnya, penatalaksanaan flow kedatangan calon jemaah haji hingga penerapan service recovery bagi calon jemaah haji yang terdampak.

“Berkenaan dengan penerapan mitigasi tersebut terdapat penyesuaian jadwal penerbangan yang telah kami koordinasikan lebih lanjut bersama pemangku kepentingan terkait guna memastikan kelancaran operasional penerbangan haji,” ujarnya.

Sebanyak 328 calon jamaah haji kloter empat asal embarkasi Banjarmasin, kata Irfan, selanjutnya akan diberangkatkan secara bertahap, di mana 287 jemaah direncanakan akan diberangkatkan pada Sabtu (3/5/2023) pukul 22.00 Local Time dengan menggunakan armada Airbus A330-400.

Sementara itu, sisa jemaah lainnya akan diberangkatkan dengan dua penerbangan melalui Medan pada Minggu (4/5/2023).

Irfan pun menyampaikan permohonan maaf atas peristiwa tersebut. Menurutnya, Garuda Indonesia telah berupaya memastikan kesiapan layanan dengan optimal, termasuk melalui penerapan inspeksi aspek safety secara menyeluruh guna memastikan aspek keselamatan penerbangan senantiasa terjaga.

“Melalui kesempatan ini kami turut menyampaikan permohonan maaf sebesar besarnya atas ketidaknyamanan yang dialami. Kami menyadari pelaksanaan ibadah haji kali ini merupakan momentum yang telah ditunggu oleh masyarakat Indonesia,” ucap Irfan.

Ia menyebut persoalan tersebut menjadi catatan penting dalam upaya memaksimalkan kesiapan operasional penerbangan haji khususnya terkait potensi identifikasi dan penatalaksanaan safety hazard yang Garuda Indonesia terus optimalkan pada operasional layanan penerbangan haji.

(Red)

 

 

 

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini