Beranda Advertorial Pertama di Indonesia, Pemkot Cilegon dan Telkom Sediakan Internet Gratis untuk Masyarakat

Pertama di Indonesia, Pemkot Cilegon dan Telkom Sediakan Internet Gratis untuk Masyarakat

Launching Layanan Internet Publik Bagi Warga Kota Cilegon - (Usman Temposo/BantenNews.co.id)

CILEGON – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cilegon bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia melaunching Layanan Internet Publik Bagi Warga Kota Cilegon, Selasa (3/11/2020).

Hadir dalam acara yng dilangsungkan di MTS Al-Jauharotunnaqiyah, Lingkungan Bulakan, Kelurahan Bulakan, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon itu Walikota Cilegon, Edi Ariadi, Ketua Banggar DPRD Cilegon, Subhi, Pj Sekda Cilegon, Maman Maulidin, Kepala Bappeda Cilegon, Beatrie Noviana, EVP Telkom Regional 2 Jabodetabes, Teuku Muda Nanta dan Muspida.

EVP Telkom Regional 2 Jabodetabes, Teuku Muda Nanta memberikan cendera mata ke Walikota Cilegon, Edi Ariadi – (Usman Temposo/BantenNews.co.id)

Kepala Bappeda Cilegon, Beatrie Noviana mengatakan Launching Layanan Internet Publik Bagi Warga Kota Cilegon dilatarbelakangi adanya pandemi Covid-19 yang telah memberikan dampak sosial dan ekonomi yang begitu luas.

“Pandemi ini secara langsung mengubah pola kegiatan dan kebiasaan menjadi serba digital baik dari segi aspek perekonomian, pendidikan maupun layanan publik,” ujar Beatrie saat menyampaikan sambutan.

Tentunya hal ini, kata Beatrie, merupakan adaptasi dan dukungan infrastruktur khususnya akses internet. Sebagai upaya responsif terhadap hal tersebut, lanjutnya, melalui dana intensif daerah, pihaknya menginisiasi program Internet gratis di seluruh kelurahan dan kecamatan dengan total 470 titik lokasi berkapasitas 100 MB per detik dengan kriteria hight speed Internet.

Jajaran Pemkot Cilegon dan PT Telkom Indonesia berfoto bersama usai acara – (Usman Temposo/BantenNews.co.id)

“Program ini merupakan program kolaboratif yang melibatkan peran berbagai sektor baik Kecamatan maupun kelurahan, perangkat daerah, instansi vertikal serta tokoh agama dan tokoh masyarakat, dalam implementasinya program ini didukung penuh oleh PT Telkom Indonesia yang dalam dua bulan terakhir ini intensif melakukan komunikasi dan koordinasi serta teknis layanan internet di seluruh titik. Dari 470 titik, 399 itu sudah bisa beroperasi, jadi tersisa kurang lebih sekitar 15 persen lagi dan insya Allah bulan ini bisa diselesaikan,” terangnya.

“Kami berharap program ini dapat dioptimalkan penggunaannya, sehingga dapat mendorong perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” harap Beatrie.

Walikota Cilegon, Edi Ariadi mengatakan menurut dari pihak Telkom Launching Layanan Internet Publik Bagi Warga Kota Cilegon ini adalah yang pertama di Indonesia dengan layanan hight speed.

“Jadi alhamdulilah apa yang disampaikan tadi adalah anugerah, kalau daerah lain masih nyari-nyari sinyal, kita sudah tersedia. Walaupun tadi target 470 titik baru sekitar 399 titik yang sudah siap, Insya Allah Telkom akhir bulan November atau Desember bisa menyelesaikan,” ujar Edi.

Kata edi, Pandemi mengubah segala aktivitas kemudian target pekerjaan, dan sebagainya, kemudian juga keberpihakan pemerintah terhadap masyarakat.

“Terutama yang terkena pandemi, beberapa program yang dilakukan pemerintah semua sesuai dengan aturan Inpres Nomor 4 Tahun 2020, ada tiga klaster yang menjadi target yakni kesehatan, ekonomi dan social safety, memang di Cilegon kemarin zona merah, namun sekarang zona orange, jadi ada perbaikan, mudah-mudahan setelah zona orange, ke kuning kemudian ke hijau kembali sebagaimana kita waktu itu bulan Juni 2020,” terangnya.

Dikatakan Edi, pandemi tak selalu negatif, namun justru kreatifitas akibat pandemi kemudian muncul pada program-program pemerintah.

“Karena memang diharuskan saat pandemi ini kita menganggap bukan merupakan suatu musibah, tapi merupakan sebuah anugera bagi kita, bagaimana teman-teman kita dari OPD dan masyarakat, UMKM, pendidikan bagaimana merubah kebiasaan, yang tadinya sebelum pandemi belum memakai Internet, sekarang dengan adanya pandemi pakai Internet, semua daring,” ucapnya.

“Sebab itu pemerintah kota saat ini ada dana intensif digunakan untuk kegiatan meminimalisir penyebaran Covid-19. Selain Itu juga kita ingin meningkatkan ekonomi masyarakat dan UMKM agar tumbuh. Kami berharap Cilegon kembali berada di zona hijau,” lanjutnya.

Di tempat yang sama, EVP Telkom Regional 2 Jabodetabes, Teuku Muda Nanta menuturkan bahwa Launching Layanan Internet Publik Bagi Warga Kota Cilegon itu merupakan pertama di Indonesia.

Pihaknya berharap dengan program tersebut bisa membantu masyarakat dalam meningkatkan ekonomi. Selain itu juga pihaknya ikut serta dalam mencerdaskan bangsa.

“Program ini adalah bentuk kolaboratif PT Telkom Indonesia dengan Pemkot Cilegon. Semoga program ini bermanfaat bagi masyarakat Kota Cilegon,” imbuhnya.

(ADV)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News