Beranda Politik Persiapan Kubu Jokowi dan Prabowo Hadapi Debat Perdana

Persiapan Kubu Jokowi dan Prabowo Hadapi Debat Perdana

337
0
Pasangan Capres-Cawapres 2019 - foto istimewa

JAKARTA – Debat Calon Presiden antara Jokowi-Ma’ruf Amin dengan Prabowo-Sandiaga akan dimulai pada pekan depan. Masing-masing calon pun sudah mulai melakukan persiapan, dari visi-misi hingga isu yang akan dibawa ke perdebatan perdana.

Dirangkum detik.com, Selasa (8/1/2019), penegakan hukum menjadi materi dalam debat capres-cawapres pertama. Cawapres Sandiaga Uno mengaku akan mengangkat kasus teror terhadap penyidik senior KPK, Novel Baswedan.

“Ada kemungkinan (mengangkat kasus Novel dalam debat perdana) karena masalah korupsi itu kan sudah sangat akut, ada di stadium 4. Kalau kanker, kalau penyakit, sudah sangat kronis,” kata Sandiaga di Bulungan, Jakarta Selatan, Selasa (8/1/2019).

Menurut Sandiaga, dengan mengangkat kasus-kasus yang masih berjalan, bisa memudahkan masyarakat mengambil kesimpulan tentang kinerja penegakan hukum pemerintahan Jokowi.

“Secara kontekstual pasti akan lebih mudah untuk mengangkat topik-topik atau kasus-kasus yang sedang berjalan dan dirasakan oleh masyarakat mana yang sudah adil, mana yang belum dirasakan keadilannya. Nah ini yang menjadi tugas kita bersama-sama tim menyiapkan,” ujar Sandiaga.

Lalu bagaimana dengan kubu sebelah? Kubu Jokowi-Ma’ruf sudah melakukan persiapan. Pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin mendapat bantuan dari tiga mantan penyiar televisi dalam persiapan debat.

“Mantan-mantan penyiar TV, ada saya, Putra Nababan, Tina Talisa, yang semuanya pengalaman lebih dari 10 tahun di layar kaca,” ujar Jubir TKN Jokowi-Ma’ruf, Meutya Hafid.

Bukan hanya tiga eks presenter TV itu saja yang membantu Jokowi-Ma’ruf dalam persiapan debat. Setidaknya ada sekitar 15 orang yang masuk tim debat yang merupakan tim kecil dari TKN.

Untuk isu, pasangan nomor urut 01 itu akan membahas hal-hal yang nyata yang sudah dirasakan oleh masyarakat. Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto, menambahkan, pihaknya tidak akan bawa hal-hal yang mengawang-awang di materi debatnya.

“Kita bicara hal-hal yang nyata dirasakan oleh rakyat dan bagaimana pemimpin menjawab itu. Bukan hal hal yang di awang-awang. Hal yang membumi yang dirasakan rakyat itu nanti akan diberi jawaban oleh Pak Jokowi-Ma’ruf Amin,” ucap Hasto, terpisah.  (red)