Beranda Hukum Persiapan Arus Mudik Lebaran Satlantas Pandeglang Terjunkan Puluhan Anggota

Persiapan Arus Mudik Lebaran Satlantas Pandeglang Terjunkan Puluhan Anggota

Kasat Lantas Polres Pandeglang AKP Made Hendra Kusumanata

PANDEGLANG – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pandeglang bakal menerjunkan puluhan personel untuk mengatur lalulintas selama arus mudik lebaran tahun 2024 ini, Selasa (26/3/2024).

Selain menerjunkan personel, pihaknya juga akan mendirikan Pos Pelayanan (Posyan) dan Pos Pengamanan (Pos PAM) yang akan ditempatkan dibeberapa titik rawan kemacetan dan persimpangan.

Kasatlantas Polres Pandeglang, AKP Made Hendra Kusumanata mengatakan, sekitar 69 personel dari Satlantas akan dikerahkan untuk mengatur arus lalulintas. Selain itu, 4 Pospam dan 1 Posyan akan didirikan untuk ikut membantu koordinasi selama berjalannya kegiatan.

“Dari Satlantas sendiri 69 personel yang akan dilibatkan, dimana akan dibagi ke dalam 4 Pospam dan 1 Posyan dalam persiapan arus mudik lebaran ini,” katanya.

Selain itu juga Satlantas Polres Pandeglang menurunkan personel-nya di 24 titik gerakan pengaturan (Gatur) rawan kemacetan, yang tersebar di seluruh wilayah Pandeglang.

Adapun titik rawan kemacetan yang biasa terjadi diantaranya di Jalan simpang Mengger, Cipacung, simpang Majasari dan beberapa lokasi lagi di wilayah selatan.

“Jadi ada beberapa titik rawan macet yang tentunya harus kami antisipasi dimana untuk wilayah tersebut kami bagi menjadi 5 bit, masing-masing bit itu kami tempatkan perwira sebagai penanggungjawab,” jelasnya.

Untuk mencegah terjadinya kemacetan parah kendaraan sumbu tiga akan dilarang melintas ke jalur kota dan dialihkan ke jalan AMD Lintas Timur selama arus mudik.

“Untuk Satlantas Polres Pandeglang sendiri sudah melaksanakan monitoring atau pengecekan jalur-jalur, kami sudah mengantisipasin kegiatan tersebut dengan membuat rambu-rambu yang nanti dapat membatu mengarahkan pengendara pada saat mudik lebaran,” tuturnya.

Ia menambahkan, pengendara yang berencana mudik ke kampung halaman diimbau agar mempersiapkan diri dengan baik dan melakukan pengecekan kendaraan secara menyeluruh sebelum melakukan perjalanan.

“Hal ini penting agar perjalanan mudik dapat berlangsung dengan nyaman dan aman,” pungkasnya. (Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ