Beranda Peristiwa Persiapan Arus Mudik Lebaran 2024, Pelabuhan Ciwandan dan BBJ Akan Difungsikan Kembali

Persiapan Arus Mudik Lebaran 2024, Pelabuhan Ciwandan dan BBJ Akan Difungsikan Kembali

Rapat teknis persiapan arus mudik lebaran 2024.

CILEGON – Pelabuhan Pelindo Ciwandan dan Pelabuhan PT BBJ kembali akan difungsikan untuk membantu Pelabuhan Merak dalam menghadapi arus mudik lebaran 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Hendro Sugiatno usai menggelar rapat teknis di Mal Sosoro, Dermaga Eksekutif, Pelabuhan Merak, Kamis (14/3/2024).

“Kita tetap menggunakan selain pelabuhan Merak, kita menggunakan Pelabuhan Ciwandan, dan Bojonegara milik swasta yaitu BBJ khusus untuk kendaraan golongan 7 dan 9,” katanya saat konferensi pers.

Hendro mengungkapkan, pengaturan penyeberangan saat arus mudik lebaran 2024 tak berbeda dengan yang diberlakukan pada arus mudik lebaran 2023 lalu.

“Untuk menghadap mudik tahun 2024 jadi secara strategi maupun taktik kita sama dengan tahun 2023. Pelabuhan Merak angkutan penumpang, Ciwandan sepeda motor, untuk golongan 8 dan 9 itu nanti diarahkan ke BBJ,” ungkapnya.

Demi kelancaran arus mudik lebaran 2024, Hendro juga menyampaikan pihaknya akan membatasi pergerakan kendaraan pengangkut barang, khususnya Sumbu III. Oleh karena itu, ia berharap kepada para pengusaha pengangkut barang agar dapat mematuhi aturan tersebut.

“Mulai diberlakukan tanggal 5 April sampai tanggal 16 April pada ruas jalan tol dan di beberapa jalan arteri. Saya mengimbau kepada para pengusaha angkutan barang dan perusahan industri untuk bisa mematuhi tentang pembatasan angkutan barang untuk Sumbu III. Untuk Sumbu II masih bisa dan diperbolehkan untuk berjalan,” tutupnya. (Mg-STT/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ