Beranda Pemerintahan Permudah Layanan, Disdukcapil Kota Tangerang Jemput Bola Pembuatan Akta Kelahiran

Permudah Layanan, Disdukcapil Kota Tangerang Jemput Bola Pembuatan Akta Kelahiran

Disdukcapil Kota Tangerang Jemput Bola Pembuatan Akta Kelahiran - foto istimewa

TANGERANG – Berupaya untuk mempermudah masyarakat dalam perekaman Akta Kelahiran, Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang melakukan Pelayanan Akta Kelahiran Keliling, ke 13 Kecamatan yang berada di Kota Tangerang. Seperti pada kesempatan kali ini, Pelayanan Akta Kelahiran Keliling mendatangi Kelurahan Cipadu Jaya, Kecamatan Larangan.

Plt Kepala Disdukcapil, Ayi Nuryadin menjelaskan Pelayanan Akta Keliling ini bertujuan untuk menyasar masyarakat yang belum memiliki Akta Kelahiran, belum merubah Akta Kelahirannya menjadi Akta Kelahiran Tanda Tangan Elektronik (TTE), serta untuk melengkapi dokumen administrasi kependudukan.

“Untuk masyarakat Kota Tangerang yang belum mengubah menjadi Akta Kelahiran TTE sekitar 47.000 orang. Untuk di Kelurahan Cipadu Jaya ini sekitar 319 orang. Terkait dengan hal tersebut, masyarakat bisa mengubahnya langsung di Pelayanan Akta Keliling ini,” jelas Ayi dalam keterangannya, Jumat (30/9/2022).

Ayi melanjutkan bahwa pelayanan ini berbeda dengan pelayanan yang diberikan saat membuat Akta Kelahiran di Kecamatan maupun di Disdukcapil. Karena pelayanan ini dapat langsung mendatangi masyarakat, agar lebih dekat untuk melakukan pembuatan Akta Kelahiran.

“Pada intinya Disdukcapil ingin mempermudah masyarakat Kota Tangerang. Jika pelayanan bisa lebih dekat dengan tempat tinggal masyarakat, itu akan lebih baik dan masyarakat juga berkeinginan dalam pembuatan Akta Kelahiran,” lanjut Ayi.

Sementara itu, salah seorang masyarakat, Umatus Syarifah mengungkapkan bahwa ia sangat terbantu dengan adanya Pelayanan Akta Keliling yang dilaksanakan oleh Disdukcapil. Bahwa ia tidak perlu jauh-jauh untuk pembuatan Akta Kelahiran.

“Saya merasa terbantu sekali dengan pelayanan ini. Saya juga berharap pelayanan seperti ini bisa dilaksanakan, dan semoga pelayanan-pelayanan lainnya juga dilaksanakan seperti ini,” tutup Umatus.

(Ril/Red)