Beranda Pemerintahan Permudah Akses Warga, Desa Gerendong Bangun Ratusan Meter Jalan

Permudah Akses Warga, Desa Gerendong Bangun Ratusan Meter Jalan

Proses pengerasan jalan di Kampung Karanganyar Lebak dari anggaran Dana Desa Gerendong tahap pertama tahun 2024.

PANDEGLANG – Untuk mempermudah akses perekonomian warga, Desa Gerendong, Kecamatan Koroncong, Kabupaten Pandeglang telah membangun jalan sepanjang 480 meter yang bersumber dari Dana Desa tahun 2024 di tahap pertama. Selain membangun jalan, Desa Gerendong juga membangun 1 gorong-gorong untuk menunjang pembangunan yang ada.

Sekretaris Desa Gerendong, Saddan mengatakan, pada DD tahun 2024 tahap pertama pihaknya sudah mengerjakan 3 pekerjaan fisik diantaranya 1 jalan rabat beton, pengerasan jalan dan pembangunan gorong-gorong.

“Yang sudah direalisasikan pembangunan jalan rabat beton sepanjang 180 meter dan lebar 3 meter di Kampung Bojong, pengerasan jalan di Kampung Karanganyar Lebak sepanjang 300 meter dengan lebar 2,5 meter dan pembangunan gorong-gorong di Kampung Karanganyar Lebak dengan rincian biaya rabat beton Rp129.132.000 dan untuk biaya pengerasan Rp96.156.000 sudah direalisasikan pada tahap pertama,” jelas pria yang akrab disapa Adong ini, Selasa (19/3/2024).

Ia membeberkan, untuk tahun 2024 ini Desa Gerendong mendapatkan kucuran dana dari pemerintah pusat melalui Dana Desa sebesar Rp763.899.000. Rencananya, dana tersebut akan difokuskan untuk pembangunan fisik dan beberapa bantuan lain di desa.

“Target tahun ini selain 3 kegiatan tadi kami juga rencananya akan membangun rabat beton di Kampung Laban Bulan sepanjang 60 meter dengan lebar 3 meter pada tahap kedua, pembangunan drainase di Kampung Gerendong pada tahap selanjutnya. Tapi yang lain-lain seperti jalan lingkungan itu pasti ada tapi itu kami ambil dari dana bantuan provinsi,” terangnya.

Adong menjelaskan, salah satu bantuan yang dianggarkan dari DD dan ADD tahun 2024 selain pembangunan fisik yakni bantuan langsung tunai yang diberikan pada beberapa warga. Selain itu, insentif guru mengaji, RT/RW dan kader juga dipastikan selalu diberikan tepat waktu.

“Selain untuk pembangunan fisik, Desa Gerendong juga masih menganggarkan bantuan langsung tunai untuk beberapa warga kami,” pungkasnya.

Proses pembangunan jalan rabat beton di Kampung Bojong dari anggaran Dana Desa Gerendong tahap pertama tahun 2024.

Terpisah, Kepala Desa Gerendong, Romdoni menambahkan bahwa saat ini di desa yang ia pimpin masih ada beberapa ruas jalan yang perlu diperbaiki dan membutuhkan dana yang lumayan banyak. Makanya ia berharap pemerintah pusat mau menambahkan DD dan ADD untuk Desa Gerendong.

“Untuk jalan rusak di Desa Gerendong masih ada sekitar 3 kilometer lagi sehingga masih membutuhkan dana tambahan dari pemerintah pusat. Sebetulnya kami masih perlu tambahan lagi karena memang Desa Gerendong ini lumayan luas, idealnya sih sekitar Rp1 Miliar untuk DD dan ADD Gerendong,” harapnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini