Beranda Kesehatan Perlu Tahu, Ini Batasan Maksimal Waktu Sarapan

Perlu Tahu, Ini Batasan Maksimal Waktu Sarapan

1330
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Banyak orang yang akhirnya memilih untuk tidak sarapan dan mengonsumsi brunch, kombinasi dari sarapan dan makan siang yang dilakukan sekitar pukul 10.00 atau 11.00.

Yang menjadi masalah adalah, kebiasaan menunda sarapan ini tidak sehat bagi kesehatan tubuh.

Pakar kesehatan Jansen Ongko menyebutkan bahwa sarapan pagi bisa mempengaruhi pola makan seharian kita, baik itu makan siang, makan malam, hingga konsumsi camilan. Agar tidak mengonsumsi makanan di waktu-waktu tersebut dengan berlebihan, Jansen menyarankan kita untuk mengonsumsi sarapan yang mencukupi kebutuhan 15-30 persen gizi harian.

Sementara itu, Ketua Pergizi Pangan Hardinsyah menyebutkan bahwa demi mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, ada baiknya kita memastikan sarapan pagi kita mencakup sumber karbohidrat, protein, serat dari buah dan sayur, vitamin, mineral, serta lemak sehat. Selain itu, demi mendaptakan manfaatnya dengan maksimal, ada baiknya kita juga tidak mengonsumsinya terlalu siang.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi sarapan pagi sekitar setengah jam atau satu jam setelah kita bangun tidur. Selain itu, batasan paling siang untuk mengonsumsi sarapan adalah pukul 09.00 pagi atau sebelum kita benar-benar disibukkan dengan aktivitas fisik. Jika kita sarapan di atas jam tersebut, maka hal ini sudah tidak bisa dianggap sebagai sarapan dan kita pun akan cenderung lebih banyak mengonsumsi makanan dan camilan setelahnya.

Telah menjadi rahasia umum jika melewatkan waktu sarapan bisa berimbas pada tubuh yang lemas, susah berpikir, memicu kenaikan berat badan, hingga menyebabkan gangguan pencernaan seperti masalah asam lambung. Karena alasan inilah ada baiknya kita selalu mengonsumsinya sebelum pukul 09.00. (Red)

Sumber : doktersehat.com