Beranda Bisnis Perkembangan Fintech Pesat, Perlindungan Masyarakat harus Prioritas

Perkembangan Fintech Pesat, Perlindungan Masyarakat harus Prioritas

Ilustrasi - foto istimewa

SERANG – Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin menyatakan semua pihak harus serius mendukung pengembangan Financial Technology (Fintech). Bukan hanya untuk fintech itu sendri. Juga bukan hanya untuk memperkuat layanan keuangan. Tetapi lebih dari itu, sebagai sarana untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini saya sampaikan pada penutupan Pekan Fintech Nasional 2020.

“Saya melihat secara keseluruhan, pengembangan Fintech di Indonesia sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dalam empat tahun terakhir. Terdapat 500 penyelenggara fintech dalam berbagai bentuk dan layanan. Bandingkan dengan tahun 2016 yang hanya terdapat sekitar 24 penyelenggara Fintech berbadan hukum yang terdaftar,” ujarnya dikutip dari media sosial resminya, Minggu (29/11/2020).

Selain itu, dari sisi model bisnis dan solusi teknologi keuangan, juga terdapat banyak variasi. “Karena itu saya menilai perkembangan tersebut juga harus dapat diaplikasikan pada fintech berbasis syariah. Dengan potensinya yang besar, Fintech syariah dapat berpotensi mendorong perkembangan ekonomi dan keuangan syariah sebagai pilar perekonomian nasional,” terangnya.

Perkembangan yang baik juga diikuti dengan konsekuensi yang harus diwaspadai. Karena layanan teknologi keuangan ini melibatkan dana masyarakat, serta memberikan layanan keuangan kepada masyarakat, maka terdapat risiko yang harus dimitigasi. Untuk itu, perlindungan terhadap kepentingan masyarakat harus
diprioritaskan.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini