Beranda Bisnis Perjuangan PLN Pulihkan Listrik Pasca Banjir Bandang di Lebak

Perjuangan PLN Pulihkan Listrik Pasca Banjir Bandang di Lebak

Petugas PLN memperbaiki jaringan Listrik di Kabupaten Lebak - foto istimewa

LEBAK – Perusahaan Listrik Negara (PLN) memulihkan jaringan kelistrikan di 6 Kecamatan yang terdampak banjir bandang di Lebak, Banten, Senin (6/1/2020).

Banjir tersebut mengakibatkan aliran listrik ke wilayah terdampak banjir terputus di 6 Kecamatan diantaranya, Cipanas, Sajira, Lebak Gedong, Curug Bitung, Maja, dan Cimarga.

Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, dari total 172 gardu terdampak banjir bandang di Lebak, PLN telah berhasil memulihkan 149 gardu.

“Lebak ini berbeda dengan Jakarta. Di sini, banjir bandang menghanyutkan beberapa infrastruktur kami, seperti jaringan dan gardu. Jadi di sini perlu waktu untuk perbaikan,” terang Darmawan saat meninjau lokasi terdampak banjir di daerah Cipanas, Lebak.

Selain merusak infrastruktur kelistrikan, kata Darmawan, banjir bandang ini juga merusak jembatan sehingga memutus akses jalan. Salah satunya jembatan yang menghubungkan kecamatan Sajira dengan kecamatan Cimarga. Hal ini membuat PLN kesulitan untuk memperbaiki jaringan listrik.

“Aksesnya sulit, jembatan putus, beberapa titik ada longsor. Tapi teman-teman di lapangan terus berusaha. Mudah-mudahan secepatnya kami bisa menyambungkan listriknya, sehingga dua gardu atau sekitar 200 kepala keluarga bisa kembali dilistriki,” tambahnya.

Untuk menghubungkan listrik yang terputus di dua kecamatan tersebut, lanjut Darmawan, berbagai peralatan mulai dari tiang hingga kabel harus dipanggul oleh petugas PLN.

“Mobil tidak bisa masuk, bahkan harus menyeberangi sungai dengan rakit,” ujar Darmawan.

Selain di kecamatan Sajira, PLN juga telah berhasil menyambungkan listrik dari kecamatan Gunung Luhur ke kecamatan Citorek Kidul yang terputus akibat banjir bandang.

“Alhamdulillah, untuk Gunung Luhur ke Citorek Kidul berhasil tersambung, jadi ada tambahan 58 gardu menyala malam ini, sisa 23 gardu masih terkendala akses, tapi akan kami usahakan besok,” paparnya

Hingga pukul 10.00 WIB, 98,2 persen gardu distribusi terdampak banjir di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dan Banten telah menyala. Dari total 6.320 gardu distribusi terdampak banjir, PLN telah menyalakan sebanyak 6.202 gardu dan sisa 118 gardu masih dipadamkan sementara demi keamanan warga.

(Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini