Beranda Bisnis Perjalanan Inovasi Vivo Smartphone, 8 Tahun Tetap Eksis di Market Global 

Perjalanan Inovasi Vivo Smartphone, 8 Tahun Tetap Eksis di Market Global 

Foto istimewa Vivo Smartphone Indonesia

SERANG – Vivo, brand smartphone global yang memulai debutnya di Indonesia pada tahun 2014, memaparkan pencapaian inovasinya bertajuk “Vivo Milestones”. Bukan hanya menunjukkan konsistensi untuk terus menghadirkan kejutan dalam perjalanannya di tengah pasar kompetitif, rangkaian teknologi penuh terobosan yang vivo hadirkan, ikut menjadikan vivo sebagai salah satu brand pionir pembentuk tren industri global hingga saat ini.

 “Vivo adalah smartphone yang berbasis konsumen dan terus mengembangkan inovasi teknologi yang mendukung gaya hidup mereka. Vivo ingin terus menghadirkan hal baru, dan komitmen ini konsisten ditunjukkan bukan hanya sebagai manufaktur, namun juga pionir inovasi sepanjang perjalanan kami ditengah industri smartphone global, termasuk di Indonesia.ungkap Edy Kusuma, General Brand Manager for Brand and Activation Vivo Indonesia.

Teknologi Hi-Fi dan Desain Layar

Nama vivo mencuat pada tahun 2012 melalui seri X1 yang menarik perhatian sebagai smartphone pertama di dunia dengan chipset audio Hi-Fi (High-Fidelity), dan desain bodi tipis  6.55 mm. Vivo menjadi brand pertama yang mampu membenamkan chipset Hi-Fi pada smartphone, dan memberi standar baru industri untuk kualitas audio .

Pada tahun 2013, vivo memperkenalkan smartphone dengan resolusi layar 2K pertama di dunia, vivo XPlay3s. Dengan resolusi 2560 x 1440 pixel berukuran 6 inci, vivo XPlay3s menjadi smartphone superior ditengah tren layar konvensional dengan resolusi standar 1080p. Tak berhenti, vivo pun menyempurnakan teknologi dalam desain bodi X-series dengan memperkenalkan X5 Max pada tahun 2014 sebagai smartphone tertipis di dunia.

Menggebrak Pasar Tanah Air

Konsistensi vivo dalam inovasi desain dan layar terus ditunjukkan bersamaan dengan ekspansinya di berbagai negara. Mulai memasuki pasar Asia Tenggara pada tahun 2014, vivo memboyong X5Prosecara resmi sebagai seri perdananya untuk konsumen Indonesia dengan keunggulan kamera dan audio premium, serta teknologi 2.5D Glass Design yang membuat tampilan layar elegan.

Inovasi Kamera Resolusi Tertinggi  “Perfect Selfie”

Seiring perkembangan teknologi smartphone, fitur kamera depan atau selfie camera pun menjadi tren global. Seri V5 yang diluncurkan pada vivo Indonesia pada November 2016 menjadi salah satu seri terpopuler yang ikut mengantarkan vivo di jajaran 5 besar brand smartphone di Indonesia;serta mencatat pertumbuhan pasar tertinggi berdasarkan laporan IDC kuartal-1 2017.

Setelah meluncurkan V5Plus yang menjadi standar baru dalam selfie camera dengan 20MP Dual Front Camera pertama di dunia, vivo semakinmempertegas konsistensinya di ranah “Perfect Selfie” dengan V7+ dan V7 dengan kamera depan beresolusi 24 MP. V7+ dan V7  juga memperkenalkan desain bezel-less FullViewTMDisplay rasio 16:9 dan Face Access untuk ekstensisistem keamanannya.

Konsep dan Terapan Inovasi yang Membuka Arah Baru Bezel-Less

Pada tahun 2018, vivo memanfaatkan gelaranMobile World Congress (MWC) untuk memperkenalkan smartphone konsep APEX yang revolusioner dengan rasio layar hingga 90%. Purwarupa vivo ini memiliki bentangan layar OLED 5,99 inci dengan teknologi COF. Untuk ukuran bezelsampingnya cukup tipis hanya 1,8 mm sementara di bagian bawah 4,3 mm. APEX sukses menjadi salah satu topik terpopuler bukan hanya pada MWC 2018 namun juga secara global. Hal ini tak lepas dari teknologi Half Screen InDisplay Fingerprint(pemindai sidik jari bawah layar) dan Elevating Front Camera serta Soundcasting Technology yang menjadi solusi dalam desain layar penuh di masa depan.

Setelah memperkenalkan konsepnya, vivo pun menerapkan teknologi beberapa fitur unggulan APEX dalam seri NEX yang resmi meluncur pada Juni 2018 lalu. Dengan layar datar Super AMOLED berukuran 6.59 inci, NEX menghasilkan rasio tampilan hingga 19.3:9. Selain itu, vivo NEX juga menyematkan Jovi artificial intelligent (AI) dan voice assistant sebagai salah satu fitur terbaru Vivo.

Apa Selanjutnya Setelah Seri V9?

Pada akhir kuartal-1 2018, vivo memperkenalkan V9 sebagai seri flagship terbaru vivo di Indonesia. Vivo V9 menjadi smartphone pertama dengan layarFullViewTM Display 6.3 inci, dan mengusung Android 8.1 di Indonesia. Rangkaian serinya pun berlanjut dengan V9 Cool Blue Limited Edition dan V9 True Red Edition untuk variasi warna fashionable bagi konsumen muda. Teranyar, V9 6GB diperkenalkan vivo sebagai smartphone pertama di Indonesia yang menghadirkan keunggulan prossesorQualcomm Snapdragon 660 AIE dan RAM 6GB dengan harga kompetitif.

“Teknologi kamera, desain, sistem keamanan sepertinya masih menjadi fitur-fitur utama yang akan menjadi fokus pengembangan vivo kedepan “.Rangkaian teknologi  ini tentu saja tak lepas dari tim R&D atau Litbang berstandar global vivo di berbagai negara. Memasuki momen pertengahan tahun 2018 dalam kompetisi pasar yang semakin saturatif, kejutan apa yang akan dihadirkan vivountuk konsumen Indonesia? Apa lagi kejutan yang akan diperkenalkan vivo pada V-Series selanjutnya?Mari kita tunggu bersama langkah vivo dalam waktu dekat. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini