Beranda Pendidikan Peringatkan Kandindik, Irna Tak Ingin Peringkat UN Pandeglang Jeblok Lagi

Peringatkan Kandindik, Irna Tak Ingin Peringkat UN Pandeglang Jeblok Lagi

Bupati Pandeglang Irna Narulita (berkerudung) meninjau UNBK hari pertama - (Foto Memed/BantenNews.co.id)

PANDEGLANG – Bupati Pandeglang Irna Narulita memberikan peringatan keras kepada Kepala Dinas Pendidikan (Kadindik) Kabupaten Pandeglang, Olis Solihin dan para guru agar nilai hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tak anjlok seperti tahun lalu.

Hal itu disampaikan bupati kepada kadindik saat melakukan pemantauan pelaksanaan UNBK di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Pandeglang dan SMPN 4 Pandeglang.

Menurutnya, jika hasilnya UNBK tahun ini tidak ada peningkatan maka ia meminta kepada pihak yang bersangkutan untuk mencari tahu permasalahan dasarnya.

“Saya minta kepada Kadindik agar tahun ini hasil UN Kabupaten Pandeglang jangan sampai anjlok peringkatnya seperti tahun lalu,” kata Irna, Senin (22/4/2019).

Menurut Irna, memang UNBK dan UNKP saja tidak dapat menentukan siswa itu lulus atau tidak, karena apabila nilai ujian prektiknya tidak maksimal bisa saja tidak lulus.

“Jadi saya minta semua ujian yang dilakukan baik UN maupun ujian praktik lainnya harus maksimal, sehingga hasil akhirnya memperoleh nilai memuaskan,” katanya.

Sementara itu, Kadindikbud Pandeglang, Olis Solihin menyakini tahun ini hasil UNBK ada peningkatan dari tahun lalu. Pasalnya, pihaknya terus melakukan  peningkatan kapasitas bagi para guru pengajar.

“Para guru yang sudah PNS harus memberikan kinerja yang maksimal, dan saya harap tahun ini tidak lagi kedelapan ditingkat provinsi minimal peringkat 6 nilai terbaik hasil UN,” ujarnya.

Olis menilai, tolok ukur untuk mendorong keberhasilan para siswa dalam melaksanakan ujian ada beberapa komponen diantaranya guru, siswa, dan orangtua.

“Kita harus bersama-sama dalam meningkatkan mutu pendidikan. Sekarang generasi milenial banyak anak terganggu salah satunya oleh gadget, disini peran orangtua  sangat penting untuk mendorong peningkatan belajar siswa,” tambahnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini